Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa Bonto Tangnga Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng

Annisa Mutiara Maya, Andi Rosdianti Razak, Riskasari Riskasari

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pelayanan publik di kantor desa bonto tangnga kecamatan uluere kabupaten bantaeng. Adapun jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu 1) Bukti langsung (tangibles), kualitas pelayanan berupa sarana fisik perkantoran, komputerisasi administrasi, ruang tunggu 2) Kehandalan (reliability), kecermatan aparatur dalam memberikan pelayanan serta penguasaan penggunaan alat bantunya sudah optimal. 3). Daya tanggap (responsiveness), terkait daya tanggap aparatur telah membantu dan menyediakan pelayanan secara cepat dan tepat. 4) Jaminan (assurance), Aparatur mampu dan ramah serta sopan dalam meyakinkan masyarakat, dan juga Aparatur telah meningkatkan kualitas pelayanan dimana mereka telah menetapkan jaminan tepat waktu dalam pelayanan. 5) Empati (emphaty), Aparatur telah mendahulukan kepentingan masyarakat dan menjadikannya sebagai prioritas utama

Keywords


Peningkatan, Kualitas Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Ariska Tri Viky Andani, Endah Setyowati, F. A. (2019). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik ( JIAP ) Implementasi Program Pelayanan One Day Service dalam Meningkatkan Kualitas. Jiap, 5(3), 328, 336, 331.

Mustanir, A. (2019). pelayanan publik (1st ed.). CV. Penerbit Qiara Media.

Nurhidayati, N., & Silpia, R. (2018). Pelayanan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Bekasi. Widya Cipta, 2(2), 279–284. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Ramadana, muhammad fitri, & Siagian, arin tentrem mawati nurhayati. (2020). Pelayanan Publik (J. Simarmata (ed.); 1st ed.). yayasan kita menulis.

Rianti, S., Rusli, Z., Yuliani, F., Bina, K., Jl, W., & Pekanbaru, P. (2019). dari pelayanan aparatur pemerintah akan se- Sipil merupakan unsur pelaksanaan Peme- Kepala Dinas yang berada dibawah dan ber-. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 15, 413, 414, 415.

Wakhid, A. A. (2017). Reformasi Pelayanan Publik Di Indonesia. Jurnal TAPIs, 01(14), 53–59.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Mustanir, A. (2019). Pelayanan publik (1st ed.). CV. Penerbit Qiara Media.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik – Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media, 10–11.

Ramadana, M. F., Manullang, S. O., & Bahri, S. (2020). pelayanan publik (J. Simarmata (ed.); cetakan 1). yayasan kita menulis.

Hayat. (2017). Manajeman Pelayanan Publik (cetakan 1). PT RajaGrafindo Persada.

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146.

Di, B., Pertanahan, K., & Semarang, K. (n.d.). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dalam Rangka Reformasi Birokrasi di Kantor Pertahanan Kota Semarang. 05.

Rinaldi, R. (2012). Analisis Kualitas Pelayanan Publik. 1(1), 25.

Achmad, D., Tahir, N., & Arfah, S. R. (2022). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Lajangiru Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. 3(2012). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

  Flag Counter

_____

Menara Iqra Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Makassar

Jalan Sultan Alauddin Nomor 259 

Kota Makassar - Sulawesi Selatan