Sistem Evaluasi dalam Pendidikan Islam
DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v4i02.2791
Kata Kunci, Sistem Evaluasi dan Pendidikan Islam
Abstrak
Abstrak
Pendidikan Islam menuntut bahwa keimanan dan kesalehan harus dijabarkan secara jelas dalam silabi-silabi sebagai tujuan yang akan dicapai secara sistematis. Uji silabi harus benar-benar bisa memperdalam pemahaman peseta didik tentang yang kudus dan hubungan manusia dengan-Nya. Subyek ini bisa menjadi salah satu diantara banyak subjek pembelajaran di Universitas; Sebagai sesuatu yang berbeda dari yang sudah lazim. Tetapi bagaimanapun juga uji Validitas dan keefektifannya, yang jelas subjek pembelajaran ini harus memperdalam kesadaran mahasiswa tentang kehadiran Ilahi di alam semesta.
Referensi
Ali, Atabik. Dan Ahmad Zuhdi Muhdlor. Kamus Kontemporer Arab – Indonesia. Cet. VIII; Yogyakarta : Multi Karya Grafika,1998.
Arief, Armain. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Cet.I; Jakarta : Ciputat Pers,2002.
Echols, John M dan Hassan Shadily. Kamus Inggris Indonesia. Cet.XXIV;Jakarta: PT. Gramedia,1997
Muhaimin & Abd. Majid. Pemikiran Pendidikan Islam kurun Filosofis dan Kerangka Dasar Oprasionalisasinya. Cet. I; Bandung; PT. Trigenda Karya,1993.
Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam. Cet, I ; Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1997
Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam; Pendekatan Historis Teoritis dan Praktis. Cet. I; Jakarta: Ciputat Pers,2002.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Cet.II; Jakarta : Kalam Mulia, 1998.
Ramayulis .Metodologi Pengajaran Agama Islam. Cet. III; Jakarta : Kalam Mulia, 2001
Said, Usman dan Jalalaluddin. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta : Raja Grafindo Persada,1996.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Cet. IV; Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada,2003.
Tilaar, H.A.R. Pendidikan, Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia. Cet.I; Bandung : PT. Remaja Rosdakarya,1999
www.depag.go.idPedoman Guru Agama Sekolah Lanjutan Atas (dicopy penulis pada tanggal 17 mei 2006)
zaini, Syahminan, Muhaimin. Belajar sebagai sarana pengembangan fitrah manusia. Cet. I; Jakarta : Kalam Mulia,1991
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com