Penguatan Kompetensi Kepribadian Tenaga Pendidik Pai Melalui Pendidikan Qur’ani Dan Relevansinya Dengan Teori Kepribadian Neo Freud (Sosial Dan Psikologi)

Moh. Faizin, Indah Rahayu

Abstract


Seorang pendidik tidak hanya berkewajiban memberi dan menyampaikan pengetahuan (ilmu) kepada anak didiknya. Lebih dari itu, pendidik memiliki tugas yang sangat mulia yakni membimbing dan mengajarkan akhlak yang baik (akhlaqul karimah) sebagai perwujudan menjadi hamba Allah yang unggul dalam intelektualis, agamis, dan humanis. Kompetensi kepribadian tenaga pendidik yang baik akan menghasilkan generasi yang kompeten dan menjunjung tinggi nilai-nilai Al-Quran. Untuk itu sebagai seorang pendidik khususnya guru PAI maka dituntut memiliki kepribadian dan akhlak Qur’ani sebagaimana yang diajarkan oleh Allah dan baginda tercinta Muhammad Saw.

Penelitian ini akan membahas secara mendalam mengenai penguatan kompetensi kepribadian tenaga pendidik PAI melalui pendidikan Qur’ani dengan tujuan: (1) untuk mengetahui kompetensi kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang guru PAI. (2 untuk mengetahui penguatan kompetensi kepribadian guru PAI dalam pendidikan Qur’ani. (3) untuk mengetahui tinjauan kompetensi kepribadian tenaga pendidik PAI dalam pendidikan qur’ani dengan teori kepribadian neo freud. Hasil penelitian ini membahas tentang (1) tenaga pendidik PAI dan kompetesi kepribadian, (2) penguatan kompetensi kepribadian guru pai dalam pendidikan qur’ani, (3) tinjauan kompetensi kepribadian tenaga pendidik PAI dalam pendidikan qur’ani dengan teori kepribadian neo freud.


Keywords


Kompetensi Kepribadian, Tenaga Pendidik PAI, Pendidikan Qur’ani.

Full Text:

PDF

References


Ardiningrum, Aufaa Dzakiy, Farah Nida Maulidya, and Indah Rahayu. “Membentuk Generasi Milenial Qur’ani Melalui Pembelajaran PAI.” Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah 28, no. 1 (2021): 53–63.

Arif, Muhamad. “Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Kitab Ahlakul Lil Banin Karya Umar Ibnu Ahmad Barjah.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan 2, no. 2 (2018): 401–413.

Atmawarni, A. “Pentingnya Pemahaman Guru Terhadap Perkembangan Mental Peserta Didik.” Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan XII, no. 2 (2021): 181–185. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/676/0.

Darmawan, I Putu Ayub. Menjadi Guru Yang Terampil. Bandung: Kalam Hidup, 2014.https://www.academia.edu/download/53574319/menjadi_guru_yang_terampil_CONTOH1-2.pdf.

Hodijah, Siti, Yeni Rachmawati, and Mubiar Agustin. “Upaya Guru Dalam Menanamkan Sifat Sabar Di Ra Persis I Kota Bandung.” Edukid 15, no. 2 (2019): 95–102.

Iskandar, Wahyu. “Kemampuan Guru Dalam Berkomunikasi Terhadap Peningkatkan Minat Belajar Siswa Di SDIT Ummi Darussalam Bandar Setia.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2019): 135.

Ismail, Muh. Ilyas. “Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 13, no. 1 (2010): 44–63.

Jauhari, Muhammad Insan. “Pendidikan Anti Kekerasan Perspektif Al-Qur’an Dan Implementasinya Dalam Metode Pengajaran Pai.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 13, no. 2 (2017): 171–184.

Karim, Bisyri Abdul. “Teori Kepribadian Dan Perbedaan Individu.” Education and Learning Journal 1, no. 1 (2020): 40.

Kontribusi, D A N, Pada Pendidikan, and Karakter Religius. “Nilai-Nilai Karakter Religius Didalam Manaqib Syekh” (n.d.).

Mohamed, S, K A Jasmi, and M A Zailaini. “Akhlak Guru Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Pendidikan Islam (Teacher’s Good Behaviour in Teaching and Learning the Islamic Education).” Akademika 86, no. 2 (2016): 31–42. http://ejournals.ukm.my/akademika/article/view/8248.

Mulyani, Fitri. “Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam).” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 03, no. 01 (2015): 1–8.

Nurhadi. “Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran” 2 (2020): 77–95.

Rustaman, Nuryani Y. “Menjadi Guru Kreatif Dan Inovatif.” Розділ Іv 9 (2009): 173–187.

Suhandani, Deni, and Julia Kartawinata. “Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang (Kajian Pada Kompetensi Pedagogik).” Mimbar Sekolah Dasar 1, no. 2 (2014).




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v8i01.7669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indah Rahayu, MOH. FAIZIN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.