Peningkatan Partisipasi Masyarakat Terhadap Kebersihan Lingkungan, Pemahaman Agama Islam Bahwa Kebersihan Merupakan Sebagian Daripada Iman di Kecamatan Somba Opu

Sultan Sultan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi masyarakat terhadap kebersihan lingkungan kaitannya dengan pemahaman agama Islam kaitannya terhadap kebersihan merupakan sebagian daripada Iman di Kecamatan Somba Opu. Dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan  kebersihan di Kecamatan Somba Opu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif  dan pada saat penelitian dilakukan para responden perlu memiliki persepsi, penghayatan, pengalaman dan penilaian tertentu yang merefleksikan persepsi tersebut terhadap semua aspek kegiatan dalam melakukan penelitian mengenai keadaan lingkungan yang menjadi obyek penelitan. Populasi penelitian adalah seluruh masyarakat yang berdomisili di kecamatan somba opu, penelitian merupakan penelitian populasi. Metode analisis yang dalam penelitian ini adalah data yang dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian hasil olahan tersebut dijadikan acuan dasar untuk menganalisa secara kualitatif peningkatan partisipasi masyarakat terhadap kebersihan lingkungan kaitannya dengan pemahaman agama Islam kaitannya terhadap kebersihan merupakan sebagian daripada iman di Kabupaten Gowa. Hasil analisis berbentuk tabel frekuensi dan tabel persentase. Peran  masyarakat dalam menunjang keberhasilan program pembangunan secara menyeluruh sebagai komponen dari suatu sistem didalam melaksanakan pembangunan, unsur pemerintah dan masyarakat  adalah setingkat atau sejajar. Unsur keikutsertaan masyarakat merupakan bagian dari program pembangunan baik pusat maupun daerah, ini disadari bahwa kebersihan lingkungan memberikan dampak terhadap keindahan dan kesehatan baik untuk lingkungan.


Keywords


partisipasi masyarakat, kebersihan lingkungan, pemahaman agama islam

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Daud, H, Drs. Pengembangan Wilayah Dalam Kaitannya Dengan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup di Sulawesi Selatan, Makalah, Pengembangan Lingkungan Hidup KSP-UNHAS, 1983.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007), Cet 7. 15 75 3 Ali Muchammad, Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi, Angkasa, Bandung. 1983

Ali D, Pendidikan Agama Islam , Jakarta: PT Raja Grapindo Persada, 2000. Arifin, H.M, Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, Jakarta: Bumi Aksara, 1995. Nuansa Baru Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Basyirudin Usman,2005,Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Cokroamidjojo, Bintoro, Perencanaan Pembangunan. Jakarta, Gunung Agung, 1976.

Eckhlom P. Erik, Masalah Kesehatan Lingkungan Sebagai Sumber Penyakit, Jakarta. 1986,

Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung : Remaja Rosda karya, 2001.

Hanafi Abdillah, Drs., Memasyarakatkan Ide-Ide Baru. Penerbitan Usaha Nasional, 1981.

Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam, (Jakarta: Pustaka Al Husna Baru, 2003), Cet. 5.

Koentjaraningrat, Kebudayaan Mentalitejt dan Pembangunan. Jakarta, Gramedia, 1967.

Mar’at, Prof, Dr. Sikap Manusia, Perubahan Serta Pengukurannya, Jakarta, Ghalia Indonesia, 1981.

Mokodompit, E.A., Approach Sosiologi Mengenai Pembangunan Masyarakat Desa dan Kota,Jakarta ;Paper, t.t.

Philip M. Hauser, dkk. Penduduk dan Masa Depan Perkotaan. (diterjemahkan oleh : Masri Maris). Yayasan Obor Indonesia, Jakarta, 1985.

Prasetyo, Efendi, Bambang, Lina Miftahul Jannah. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif; Teori Dan Aplikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Purwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 1976.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2007), Cet. 4. 21 621 14

Siagian, Administrasi Pembangunan, Jakarta Gunung Agung, 1974.

Singarimbun, 2012. Metode Penelitian Survey, LP3ES Jakarta

Sri Esti Wuryani Djiwandono,2006, Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Media Sarana Indonesia.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Keenam, Alfabeta, Bandung

Rachman Shaleh, Pendidikan Agama dan Keagamaan; Visi, Misi dan Aksi, (Jakarta: PT.Gemawindu Pancaperkasa, 2000), Cet. 1. 1 19 2

Zakiah Daradjat, dkk., Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), Cet. 8. 15 39 2

--------------, Ilmu Jiwa Agama (Jakarta: Bulan Bintang, 2009), Cet.17. 27 77-80 25




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v7i01.7099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sultan sultan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.