Filsafat Positivisme dan Humanisme (Suatu Kajian Filsafat Islam)

Husain Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dari pemahaman positivisme dan mengkaji Humanisme sebagai sebuah aliran filsafat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan pada saat penelitian dilakukan perlu memiliki persepsi, penghayatan, pengalaman dan penilaian tertentu yang merefleksikan persepsi tersebut terhadap aspek mengenai filsafat positivisme dan humanisme yang menjadi obyek penelitan.
Metode analisis yang dalam penelitian ini adalah data yang dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan analisis mendasar tentang pemahaman positivisme dan mengkaji Humanisme
Hasil analisis menggambarkan dan menbahas secara detail tentang positivisme dan humanisme kaitannya dengan kajian filsafat Islam dengan menggunakan berbagai landasan teori dan penyelesaian terhadap suatu permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya dan memberikan gambaran mengenai Filsafat Positivisme menunjukkan suatu aliran filsafat yang menyatakan ilmu alam sebagai satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan menolak aktivitas yang berkenaan dengan metafisik. Sebagai dampak dari revolusi itu, muncul aliran-aliran filsafat yang terang-terangan menyuarakan pentingnya ilmu pengetahuan terkhusus pada ilmu pengetahuan yang dapat dicerna secara empiris, dan Humanisme memberikan pandangan yang memandang bahwa manusia memiliki satu kehidupan yang diisi dengan kreatifitas dan kebahagiaan, yang tidak membutuhkan persetujuan ataupun dukungan dari entitas supernatural manapun, dimana entitas ini sama sekali tidak ada. Dan manusia, dengan kecerdasan dan saling bekerjasama, dapat membangun sebuah kedamaian dan keindahan di muka bumi ini.


Kata Kunci : Positivisme, Humanisme


Keywords


Positivisme, Humanisme

Full Text:

PDF

References


Amirudin, Noor. Pendidikan Humanisme Dalam Perspektif Islam. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik.

Bakhtiar, Amsal. Filsafat Agama; Wisata Pemikirandan Kepercayaan Manusia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007

Karmillah, Imroati. Filsafat Positivisme dan Pendidikan Islam di Indonesia,Jurnal Pendidikan Islam, Vol x No x, September 2020.

Langgulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Al Husna, 1987.

Lubis, Dr. Akhyar Yusuf. Filsafat Ilmu Klasik Hingga Kontemporer. Cet.5, Depok:Rajawali Pers, 2018.

Luddin, Muchlis R.Pendidikan Humanis dan Globalisasi. Jakarta: PT. Karya Mandiri pers 2008.

Muhdi Ali, Ideologi dan Paradigma Pendidikan Nasional dalam Buku Konfigurasi Politik Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Fahioma, 2007.

Muis, Soegiono dan Tamsil Filsafat Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Mulkhan, Abdul Munir. Nalar Spiritual Pendidikan: Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam,. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.

Mumpuniarti. Perspektif Humanis Religius dalam Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, Vol. III, No.2, November/2010.

Munir, Rizal Mustansyir dan Misnal. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Muslih, Mohammad. Filsafat Ilmu; Kajian atas Asumsi Dasar, Paradigma dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan, Yogyakarta: Belukar, 2008..

Ramin, Mghfur M. Teori Kritis Filsafat Lintas Mazhab. Yogyakarta:Sociality, 2017.

Samekto, Adji. Menggugat Relasi Filsafat Positivisme dengan Ajaran Hukum Doktrinal. Jurnal Dinamika Hukum, Vol. 12 No. 1 Januari 2012.

Sibawaihi, Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Pustaka Shiraz, 2010.

Siswomihardjo, Koento Wibisono. Arti Perkembangan Menurut Filsafat Positivisme Auguste Comte. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1982.

Supriyatno, Triyo. Humanitas Spiritual dalam Pendidikan Islam. Malang: Publishing Press, 2009.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam Bandung: Rosdakarya, 2005




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v8i02.7091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Husain Abdullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.