Efektivitas Kinerja Pegawai PAIS dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAIS di Kabupaten Bulukumba

Irmansyah Irmansyah

Abstract


Kinerja pengawas Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Bulukumbaberjalan dengan baik karena (1) pengawas Pendidikan Agama Islam melaksanakan observasi kelas untuk mengetahui tentang segala sesuatu yang terjadi di dalam proses pembelajaran di kelas. Observasi oleh kepala madrasah yang dilakukan bukan untuk mencari kesalahan, akan tetapi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran; (2) pengawas Pendidikan Agama Islam melaksanakansupervisi individual yang menitikberatkan pada pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas. Pengawas melakukan supervisi individual sebagai kegiatan membina atau membimbing guru secara individu agar bekerja dengan betul dalam mendidik dan mengajar peserta didik; (3) pengawas Pendidikan Agama Islam melakukan supervisi kelompok yang merupakan teknik supervisi yang dilaksanakan dalam pembinaan guru secara  bersama-sama oleh supervisor dengan sejumlah guru. Kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Bulukumba dapat dilihat dari pelaksanaan pembelajaran yaitu guru mengawali pembelajaran secara efektif dan menyenangkan, guru menggunakan media pembelajaran yang efektif yang berbasis Information Technology Comunication (ITC) sehingga sangat menunjang kualitas peserta didik, hanya masih ada guru belum menggunakan media ITC penyebab ada guru yang tidak menggunakan media ITC karena masih ada madrasah yang belum menyediakan media ITC. Guru menerapkan metode pembelajaran secara bervariasi namun tidak semua guru menerapkannya. Metode ceramah yang paling sering diterapkan, artinya guru tersebut hanya memperhatikan satu aspek saja, yakni aspek penyampaian informasi inilah menyebabkan peserta didik kurang memiliki sikap kritis dan kualitasnya semakin menurun. Guru melaksanakan evaluasi pembelajaran secara rutin yaitu evaluasi awal, evaluasi pada saat proses pembelajaran, dan evaluasi akhir, serta evaluasi semester guna mengukur kemam­puan peserta didik dan keberhasilan guru melaksanakan pembelajaran.


Keywords


Guru; kompetensi; kinerja; pengawas; PAIS.

Full Text:

PDF

References


C.D. Glicman, Developmental Supervision (Alexandria: ASCD, 2011).

Damopolii, Muljono. Pesantren Modern Immim Pencetak Muslim Modern (Cet. I; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2011)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi III; Jakarta: Balai Pustaka, 2003)

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islam (Cet. IV; Bandung: Refika Aditama, 2010)

Hartono, Jiwo Wingo B. Tingkatkan Kinerja Perusahaan Anda (Jakarta: Raja Grafindo, 2013)

Mangkunegara, A. Anwar Prabu. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (Cet. VII. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017)

Moleong, Lexy. J. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000)

Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam (Cet. I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2007)

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah (Cet. I; Jakarta: Sinar Grafika, 2010)

Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Cet. I; Bandung: PT. Citra Umbaran, 2012)

Rivai, Moh. Supervisi Pendidikan (Bandung: Lenmars, 2012)

Sagala, Syaiful. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan; Membantu Mengatasi Kesulitan Guru Memberikan Layanan Belajar yang Bermutu (Cet. II; Bandung: CV. Alfabeta, 2010)

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan (Cet. VIII; Jakarta: Kencana, 2011).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2006)

Suyanto dan Djihad Hisyam, Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III (Jogyakarta: Adi Cita Karya Nusa, 2015).

Undang-Undang Guru dan Dosen (UU RI No. 14 Th. 2005) Dilengkapi dengan Perpres RI No. 65 Th. 2007, No. 58 Th. 2006, Kepmendiknas No. 057 dan 056 Th. 2007, Permendiknas No. 42,32,18,16 Th. 2007, dan No. 7 Th. 2006 (Cet. IV; Jakarta: Sinar Grafika, 2011).

Usman, Husaini dan Purnomo Setiadi Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009)




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v7i02.6314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Irmansyah Irmansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.