Implementasi Pembelajaran PAI Bagi Tunalaras di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang

Nur Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran PAI bagi tunalaras di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Tangerang, apa faktor pendukung dan penghambat nya, serta bagaimana upaya mengatasi faktor penghambat nya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan teknik triangulasi, yang meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Implementasi pembelajaran PAI bagi tunalaras di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Tangerang menggunakan sistem pembelajaran klasikal dan kelompok dengan model pengembangan kurikulum yang fleksibel yaitu model substitusi dan omisi. Metode pembelajarannya ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan diskusi. Evaluasi pembelajarannya mencakup penilaian sumatif dan formatif. 2) Faktor pendukung implementasi pembelajaran PAI bagi tunalaras di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Tangerang adalah sarana prasarana, adanya tenaga relawan, kerjasama dengan pihak di luar LPKA, dan bantuan dana BOS dari pemerintah. Faktor penghambatnya adalah kurangnya tenaga pengajar, dukungan dari orang tua, dan latar belakang kasus anak yang beragam, 3) Upaya untuk mengatasi faktor penghambat yaitu dengan melibatkan tenaga relawan, mengadakan kegiatan keagamaan, membuat surat perjanjian dengan orang tua, dan kesabaran serta keikhlasan para petugas.


Full Text:

PDF

References


Husna, Difa’ul, 2020. Internalisasi Nilai-Nilai Sosial Religius Bagi Anak Tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta, “Jurnal Tarbiyatuna” Vol. 11 No. 1

King, Laura A., The Science of Psychology: An Appreciative View, terj. Brian Marwensdy, Jakarta: Salemba Humanika, 2010

Maleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya, 2011

Nurhadisah, 2019. Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,”Journal of Islamic Education”, Vol. 2 No.2

Rahmawati, Ana, 2018. Konsep Pembelajaran PAI bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi: Studi Kasus di SD Semai Jepara, “Edukasia Islamika Jurnal Pendidikan Islam”, Vol. 3 No. 2

Setyawan, Davit., Memprihatinkan, Anak Pengguna Narkoba Capai 14 ribu, www.kpai.go.id/berita/memprihatinkan-anak-pengguna-narkoba-capai-14-ribu/, diakses 20 Oktober 2017

Sofyan, Irwan, 2019. Implementasi Pendidikan Formal bagi Anak yang Berkonflik dengan Hukum di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung, “Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education”, Vol 7, No. 1

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2016

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: Sinar Grafika, 2004

Tambak, Syahraini, Membangun Bangsa Melalui Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013, Cet 1

Tambak, Syahraini, Pendidikan Agama Islam, Konsep Metode Pembelajaran PAI, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014

Tim Redaksi Pustaka Baru, Undang-undang Dasar 1945 Amandemen I-IV, Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2014

Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v6i02.4395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.