PENDIDIKAN INFORMAL DALAM PRESPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Yakub Yakub

Abstract


Abstrak

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian deskriptif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan Pendidikan Informal dalam Prespektif Pendidikan Islam. Sedangkan sumbernya diambil dari beberapa buku ilmiah yang diterbitkan dengan maksud dijadikan suber referensi. Adapun tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah studi kepustakaan, wawancara dan observasi.

Esensi pendidikan informal ini secara umum mencakup pembinaan keluarga dan dimasyarakat, khususnya pendidikan anak-anak atau peserta didik. Hal ini menemukan vitalitasnya karena motivasi yang sangat kuat bahwa tujuan akhir pembinaan keluarga dan dimasyarakat adalah penyelamatan keluarga dari keterpurukan dalam kehidupan di akhirat dan pembentukan kepribadian, keluarga masyarakat muslim yang sempurna. Dilema yang muncul pada pendidikan sehubungan dengan peran keluarga adalah kebijakan dalam arahan pendidikan yang digariskan dan ditetapkan oleh orang tuapeserta didik sering tidak dapat dipahami dan diikuti oleh anggota keluarga lainnya maupun masyarakat. Akibatnya, kebijakan dan arahan pendidikan itu seperti dimentahkan dan digagalkan oleh anggota keluarga lainnya dan anggota masyarakat, sehingga apa yang diharapkan dari pendidikan informal yang ideal agak sulit dicapai. Jalan keluar dari dilema ini adalah upaya yang terus menerus dari orang tua dan juga anggota keluarga lainnya serta anggota masyarakat yang sadar akan pentingnya pendidikan informal untuk memberikan informasi dan penyadaran akan pentingnya nilai pendidikan informal bagi anak-anak atau peserta didik. Yang terpenting juga adalah peran pemerintah dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat luas akan pentingnya nilai pendidikan informal.


Keywords


Kata Kunci: Pendidikan Informal, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, M, ImplementasiIlmu Pendidikan Islam dalam Pendidikan Informal , Jakarta: Bumi Aksara, 2015

Arifin, M, Teori dan Implementasi dalam KajianFilsafat Pendidikan Islam, Jakarta; Bumi Aksara, 2014

Al-Nahwi, Abdurrahman, Ushuul Al-Tarbiyah Al-Islamiyah wa Asaaliibuhaa, Damsyik: Dar Al-Fikr 1999

Al-Bukhari,Memandang Anak-anak Kaum Muslimin sebagai Anak-anak kandug sendiri, Mesir: Al-Matba’ah Al-Utsmaniah, 1998

Dedi Hamid, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Asokadikta-Durat Bahagia, 2011

Herman H. Horne, On Idealistic Philosophy of Education, The Forty First, Year Book of the National Society for the Study of Education, Part I, Philosiphies of Education, Chicago: The University of Chicago Press, 1998

Noer Ali, Heri, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga di Sekolah dan di Masyarakat, Bandung: CV Diponegoro, 2012

Suryabrata, Sumadi, Beberapa Tinjauan Psikologi dalam Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grapindo Persada, 2011




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v5i01.3347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yakub Yakub

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.