Model Pendidikan Islam Dalam Program Pendidikan Homeschooling (Studi Terhadap Homeschooling keluarga Syahirul Alim)

Difa'ul Husna

Abstract


Pendidikan adalah usaha untuk menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar dan mengembangkan potensi. Sejatinya pendidikan tidak hanya memberikan perhatian pada aspek akademis belaka, akan tetapi juga menjaga dan menumbuhkembangkan fitrah anak sesuai perkembangan usianya. Penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana homeschooling keluarga Syahirul Alim, S.Kp., M.Sc., Ph.D. mendidik, menjaga dan mengembangkan fitrah anak-anaknya. Penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwasanya pendidikan Islam dalam homeschooling keluarga Syahirul Alim, S.Kp., M.Sc., Ph.D. menjadi salah satu model dalam menyeimbangkan dimensi pokok yang mendidik anak-anaknya sesuai dengan fitrahnya.


Keywords


Pendidikan Islam, Pendidikan Anak, Homeschooling

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v5i02.3266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Difa'ul Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.