Kreativitas dalam Pembelajaran

Abdul Azis Muslimin, Mutakallim Mutakallim

Abstract


Abstrak

Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kreativitas dalam pembelajaran yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di program studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar. Adapun metodologi penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitiannya field research dengan metode analisis deskriptif yang bertujuan menggambarkan secara tepat inovasi dosen yang dapat merangsang kreativitas belajar mahasiswa PAI, khususnya kelas VI.A tahun akademik 2014/2015 yang menjadi sasaran penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan indepth interview atau wawancara mendalam. Adapun hasil penelitian yaitu kreativitas dalam pembelajaran menumbuhkan semangat mahasiswa dengan menerapkan sistem pembelajaran berbasis penggunaan teknologi seperti lap top dan auto fokus dalam presentasi, dosen menekankan bahwa mahasiswa harus bisa dan terampil pembuatan power. Adapun kendala-kendala dalam pembelajaran terkait media yaitu kurangnya auto fokus sebagai media yang sangat  penting dan masalah teknis lainnya selama proses pembelajaran.

 

Kata Kunci: Kreativitas dan Pembelajaran

 Abstract The purpose of this study is to find out the creativity in learning carried out by lecturers and students in Islamic Education Department at Muhammadiyah University of Makassar. The research methodology used is the type of research in field research with descriptive analysis methods that aim to accurately describe the innovations of lecturers who can stimulate the learning creativity of PAI students, especially VI.A class 2014/2015 academic year is the target of research. The method of data collection is done by in-depth interviews or in-depth interviews. The results of the study are creativity in learning fosters student enthusiasm by applying technology-based learning systems such as lap top and auto focus in presentations, lecturers emphasizing that students must be able and skilled in making power point. The obstacles in learning related to media are lack of auto focus as a very important medium and other technical problems during the learning process. 

Keywords: Creativity and Learning


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Djamarah,Syaiful Bahri, 2000, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Haamalik, 1992. Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyadi, 1998, Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto, 1995, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta.

Suwarna, 2005. Mengajar dalam pendidikan, Cet. V; Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Utami,Munandar. 1999, Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat, Jakarta, Rineka Cipta.

UU nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v4i01.2132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdul Azis Muslimin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.