Penerapan Metode Demonstrasi Pada Materi Haji Kelas V Mis Qur’anic Character Ar-Rasyid
DOI: https://doi.org/10.26618/66vbfg57
Abstract
Pendidikan agama Islam berperan penting dalam membentuk karakter dan kecerdasan peserta didik, dengan fokus pada keseimbangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Materi ibadah haji di Madrasah Ibtidaiyah (MI) sering dianggap sulit karena kompleksitas urutannya. Metode ceramah yang dominan dalam pengajaran tidak efektif, sehingga diperlukan pendekatan yang lebih interaktif. Penelitian ini menganalisis penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran materi haji di kelas V MIS Qur’anic Character Ar-Rasyid. Metode ini memungkinkan guru memperagakan tahapan ibadah haji secara langsung, sehingga siswa dapat mengamati dan mempraktikkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi meningkatkan pemahaman siswa terhadap urutan dan makna ibadah haji, serta mendorong keterlibatan aktif mereka dalam proses belajar. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan alat peraga dan waktu, evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya kesiapan guru, ketersediaan media, dan desain kegiatan yang sistematis untuk keberhasilan metode demonstrasi. Dengan demikian, penerapan metode ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran fiqih yang lebih efektif dan menyenangkan, serta memperkuat pemahaman karakter religius siswa.
References
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. McGraw-Hill Education.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Bungin, B. (2017). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya. Kencana Prenada Media Group.
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Fadilah, N. (2021). Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Praktik Ibadah Haji. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 48–56.
Flick, U. (2018). An Introduction to Qualitative Research. Sage Publications.
Habsy, B. A., Christian, J. S., & Unaisah, U. (2024). Memahami Teori Pembelajaran Kognitif dan Konstruktivisme serta Penerapannya. Jurnal TSAQOFAH, 4(1), 308–325.
Hanafiah, N., & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama.
Hasbullah. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Rajawali Pers.
Hidayat, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Media dalam Pembelajaran Praktik Ibadah di MI. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 11(1), 33–41.
Lestari, D. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Praktik Keagamaan. Jurnal Edukasi Islami, 5(2), 102–110.
Marlina, S. (2017). Analisis Hasil Belajar Siswa melalui Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran Fiqih. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 56–62.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.
Nasution, H. (2019). Strategi Pembelajaran Efektif di Sekolah Dasar. Prenadamedia.
Rahmah, N., & Sari, L. (2019). Peran Media Visual dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tarbiyah Jurnal Ilmiah, 11(1), 89–96.
Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology. McGraw-Hill Education.
Sari, D., & Mulyadi, T. (2020). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(2), 115–122.
Sugiyuno, M. P. P. (2019). Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan RND”. Alfabeta.
Sundari, D. (2024). Optimalisasi Penerapan Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan Pembelajaran Berbasis Proyek Bagi Guru di SMP Negeri 1 Muara Enim. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 150–158.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Uno, H. B. (2016). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara.
Wahyuni, N. (2021). Partisipasi Aktif Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Demonstrasi di MI. Jurnal Pendidikan Islam Dasar, 5(2), 76–84.
Yuliana, T. (2020). Efektivitas Metode Ceramah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 122–130.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Miftahul Mauizhah, Misnan misnan, Misnan misnan, Sri Mawaddah, Sri Mawaddah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com










