Optimalisasi Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran Fiqih Kewanitaan

Nuriyatul Khanifah, Izza Faridatul Kamilah, Hikmatul Lailatin Najah

Abstract


Meningkatnya ketersediaan media digital telah menciptakan peluang bagi para pendidik untuk mengembangkan strategi inovatif yang dapat meningkatkan efektivitas belajar mengajar khususnya dalam pembelajaran fikih kewanitaan. Penelitian ini bertujuan untuk membahas pentingnya pembelajaran fiqih kewanitaan, perkembangan media digital dalam pendidikan, strategi optimalisasi media digital dalam pembelajaran fiqih kewanitaan, manfaat dan keunggulan penggunaan media digital, tantangan dan hambatan dalam penggunaan media digital dalam pembelajaran dan rekomendasi untuk pengembangan masa depan pembelajaran fiqih. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi pustaka yaitu mengumpulkan dan menganalisis data dari sumber-sumber perpustakaan, seperti buku, jurnal, catatan, dan laporan hasil. Penggunaan media digital dengan strategi yang tepat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam terkait dengan konsep-konsep fikih kewanitaan. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi haid yang berguna untuk pelacak siklus menstruasi, pemberitahuan tentang perkiraan tanggal awal menstruasi, edukasi tentang kesehatan reproduksi sehingga meningkatkan pemahaman pengguna tentang fikih kewanitaan. Dengan demikian, penggunaan aplikasi haid dapat membantu perempuan mengatur siklus menstruasi dan kesehatan reproduksi mereka secara efektif.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v9i02.15087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nuriyatul khanifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.