IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TERHADAP SIKAP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
ABSTRAK
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa dan guru PAI sebanyak 104. Adapun teknik yang digunakan adalah teknik puporsife sampling yaitu sampel diambil secara langsung atau sengaja yakni siswa kelas 2,4,5 sebanyak 53 orang . selanjutnya pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan lapangan yang terdiri dari teknik observasi, wawancara, angket dan catatan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara deskriftif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berkaitan dengan pemahaman guru dalam membuat perangkat pembelajaran di SDN.16 Tanrutedong Kabupaten Sidrap sudah berjalan dengan baik dilihat dari pemahaman guru sudah mampu membuat perangkat pembelajaran seperti silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP) dan memahami rubrik-rubrik penilaian peserta didik. Adapun sikap peserta didik terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam terbilang sangat baik dilihat dari perilaku sehari-hari siswa dan dapat dilihat dari hasil kusioner tentang sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan kendala Implementasi Kurikulum 2013 mengalami beberapa kendala
Kata Kunci : Implementasi Kurikulum 2013, sikap, pembelajaran
ABSTRACT
The type of research used is descriptive qualitative. The populations in this study are all students and teachers of PAI as much as 104. The technique used is the technique of sampling is samples taken directly or deliberately 2.4.5 class of students as many as 53 people. Data collection through literature and field research consisting of observation techniques, interviews, questionnaires and documentation records. The data analysis technique used is descriptive qualitative way.The result of the research shows that the implementation of curriculum 2013 in the learning of Islamic Religious Education related to the understanding of teachers in making learning tools in SDN.16 Tanrutedong Sidrap Regency has been running well from the understanding of teachers have been able to make learning tools such as syllabus, learning implementation plan (RPP ) And understand the scoring rubrics of learners. The attitude of learners to learning Islamic Religious Education is very well seen from the daily behavior of students and can be seen from the results of a questioner about the attitude of students in following the learning of Islamic Education. While obstacles Implementation Curriculum 2013 experienced several obstacles
Keywords: Curriculum Implementation of 2013, attitude, learning
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Albone, Abd.azis.Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Multikulturalisme. Cet.1: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta
Arifin.1994. Ilmu Pendidikan Islam suatu tinjauan teoritis dan praktis berdasarkan pendekatan interdisipliner.Bumi Aksara:Jakarta
Arikunto,Suharsimi.2002.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Cet.12.Rineka Cipta :Jakarta
Komalasari,Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika ADITAMA: Bandung
Muhaimin. 2007. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di
Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Edisi 1-2. PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta
Prasetyo,Ahmadi. 1997. Strategi Belajar Mengajar untuk fakultas tarbiyah komponen MKDK. CV.Pustaka Setia: Bandung
Prihatin.2011. Manajemen peserta Didik. Cet.1. Alfabeta:Bandung
Sani,Kurniasih. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Cet.4. Kata Pena:Surabaya
Sani,Kurniasih. 2013. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami Berbagai aspek dalam kurikulum 2013.cet.2:kata Pena
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers: Jakarta
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D.Bandung:Alfabeta
Sugiyono. 1998. Metode Penelitian administrasi. Cet.5. ALFABETA: Bandung
Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Ar-Ruzz Media: Jogjakarta
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Cet.1. PT.RINEKA CIPTA: Jakarta
Tohirin. 2011. Psikologi Pendidikan Agama Islam.Cet.4. Jakarta: Rajawali Pers
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor:14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen,2007, Indonesia Legal Center Publishing.
DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v2i01.1027
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 TARBAWI : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM