IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TERHADAP SIKAP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Fatimah Fatimah, Rusli Malli

Abstract


ABSTRAK

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa dan guru PAI sebanyak 104. Adapun teknik yang digunakan adalah teknik puporsife sampling yaitu sampel diambil secara langsung atau sengaja yakni siswa kelas  2,4,5 sebanyak 53 orang . selanjutnya pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan lapangan yang terdiri dari teknik observasi, wawancara, angket dan catatan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara deskriftif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berkaitan dengan pemahaman guru dalam membuat perangkat pembelajaran di SDN.16 Tanrutedong Kabupaten Sidrap  sudah berjalan dengan baik dilihat dari pemahaman guru sudah mampu membuat perangkat pembelajaran seperti silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP) dan memahami rubrik-rubrik penilaian peserta didik. Adapun sikap peserta didik terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam terbilang sangat baik dilihat dari perilaku sehari-hari siswa dan dapat dilihat dari hasil kusioner tentang sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan kendala Implementasi Kurikulum 2013 mengalami beberapa kendala

Kata Kunci : Implementasi Kurikulum 2013, sikap, pembelajaran

ABSTRACT

The type of research used is descriptive qualitative. The populations in this study are all students and teachers of PAI as much as 104. The technique used is the technique of sampling is samples taken directly or deliberately 2.4.5 class of students as many as 53 people. Data collection through literature and field research consisting of observation techniques, interviews, questionnaires and documentation records. The data analysis technique used is descriptive qualitative way.The result of the research shows that the implementation of curriculum 2013 in the learning of Islamic Religious Education related to the understanding of teachers in making learning tools in SDN.16 Tanrutedong Sidrap Regency has been running well from the understanding of teachers have been able to make learning tools such as syllabus, learning implementation plan (RPP ) And understand the scoring rubrics of learners. The attitude of learners to learning Islamic Religious Education is very well seen from the daily behavior of students and can be seen from the results of a questioner about the attitude of students in following the learning of Islamic Education. While obstacles Implementation Curriculum 2013 experienced several obstacles

Keywords: Curriculum Implementation of 2013, attitude, learning


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Albone, Abd.azis.Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Multikulturalisme. Cet.1: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta

Arifin.1994. Ilmu Pendidikan Islam suatu tinjauan teoritis dan praktis berdasarkan pendekatan interdisipliner.Bumi Aksara:Jakarta

Arikunto,Suharsimi.2002.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Cet.12.Rineka Cipta :Jakarta

Komalasari,Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika ADITAMA: Bandung

Muhaimin. 2007. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di

Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Edisi 1-2. PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta

Prasetyo,Ahmadi. 1997. Strategi Belajar Mengajar untuk fakultas tarbiyah komponen MKDK. CV.Pustaka Setia: Bandung

Prihatin.2011. Manajemen peserta Didik. Cet.1. Alfabeta:Bandung

Sani,Kurniasih. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Cet.4. Kata Pena:Surabaya

Sani,Kurniasih. 2013. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami Berbagai aspek dalam kurikulum 2013.cet.2:kata Pena

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers: Jakarta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D.Bandung:Alfabeta

Sugiyono. 1998. Metode Penelitian administrasi. Cet.5. ALFABETA: Bandung

Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Ar-Ruzz Media: Jogjakarta

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Cet.1. PT.RINEKA CIPTA: Jakarta

Tohirin. 2011. Psikologi Pendidikan Agama Islam.Cet.4. Jakarta: Rajawali Pers

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor:14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen,2007, Indonesia Legal Center Publishing.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v2i01.1027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 TARBAWI : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM



 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats