KINERJA DOSEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian yang digunakan adalah Penelitian lapangan (field research), adapun lokasi penelitian bertempat di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar. Jumlah Populasi dalam penelitian ini 860 Orang sedangkan Sampelnya 51 Orang. Data primer yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument pokok berupa kuesioner atau angket. Sedangkan observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk melengkapi data yang diperoleh. Seluruh data yang terkumpul selanjutnya diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif kedalam bentuk yang sesuai. Hasil Penelitian yang dilakukan, secara detail dari 48 jumlah angket yang disebar secara signifikan membuktikan bahwa Kinerja dosen Pendidikan Agama Islam sangat mempengarui efektifitas pembelajaran di Fakultas Agama Islam, Hal ini dapat dilihat dalam proses belajar mengajar, menjadi teladan dan metode-metode mengajar lainya. Dapat dilihat dari hasil tabulasi data yaitu dosen yang mengajar sesuai kurikulum 75%, Menjadi teladan 93.75%, memberikan sapaan 60.5%, penguasaan materi 81.25% , metode yang baik 72.92%, pemberian motivasi 75%, penjelasan yang baik 60.5%, penggunaan media 31.25%, pemberian jawaban 75 % dan melakukan teguran 43.75%.
Kata Kunci: Kinerja Dosen, Efektifitas Pembelajaran
ABSTRACT
The research used is field research (field research), while the location of research located at the Faculty of Islamic Studies Muhammadiyah University of Makassar. The population in this study 860 people whiles the sample 51 people. Primary data needed in this research is obtained through principal instrument in the form of questionnaire or questionnaire. While observation, interview and documentation is used to complete the data obtained. All the data collected then processed and analyzed by using qualitative descriptive analysis into the appropriate form. The results of the research, in detail from 48 the number of questionnaires spread significantly proved that the performance of Islamic Religious lecturers strongly affects the effectiveness of learning in the Faculty of Islam, This can be seen in the process of teaching and learning, be an example and other teaching methods. Can be seen from the data tabulation of lecturers who teach according to the curriculum 75%, Being an example of 93.75%, giving 60.5% greeting, mastery of material 81.25%, good method 72.92%, 75% motivation, good explanation 60.5%, media usage 31.25 %, Giving 75% answer and 43.75% strike.
Keywords: Lecturer Performance, Effectiveness of Learning
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
A.M. Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Abdussalam, Suroso. 2011. Sistem Pendidikan Islam. Bekasi Barat: PT elba Fitrah Mandiri Sejahtera
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Azwar, Saifuddin. 1997. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Baharuddin dan Mulyono. 2005. Manajemen Strategik Peningkatan Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Agama Islam. UIN Malang. Skripsi
Bambang Swasto Sunuharjo, 1995. Pengembangan Sumber Daya Manusia Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja dan Imbalan (Suatu Kajian terhadap Dosen Perguruan Tinggi Swasta Pada Kopertis Wilayah VII Jawa Timur) Disertasi, Program Pascasarjana, Universitas Airlangga, Surabaya.
Daradjat, Zakiah, dkk. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Cet ke-2
Hamalik, Oemar. 2010. Psikolgi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Hamalik, Oemar (dalam Sitiatava Rizema Putra ) 2012. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sainis. Yogyakarta: Diva Press
Ilyasssin, Muhammad. 2010. Budaya Organisasi Bagi Peningkatan Kinerja Dosen. Samarinda: STAIN.p.6
Jani, 2009. Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompetensi terhadap Aktivitas dalam Pelaksanaan
Keputusan Menteri Negara Koordinator Bidang Pengawasan Pembangunan dan Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 38/KEP/MK.WASPAN/8/1999 Tentang Jabatan fungsional Dosen dan Angka Kredit.
Mahyudin, Rahil (dalam Sitiatava Rizema Putra ) 2012. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sainis. Yogyakarta: Diva Press
Moleong, Lexy, J., 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v2i01.1017
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 TARBAWI : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM