IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16348Keywords:
problem based learning, kemampuan pemecahan masalah matematis, SPLDVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII-1 SMP Taruna Sakti Pekanbaru yang berjumlah 25 peserta didik. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga pertemuan. Instrumen penelitian terdiri dari perangkat pembelajaran yang berisi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar. Instrumen pengumpulan data berupa lembar pengamatan aktivitas guru dan peserta didik, serta lembar tes KPMM. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengamatan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PBL dapat memperbaiki proses pembelajaran dan dapat meningkatkan KPMM peserta didik kelas VIII-1 SMP Taruna Sakti Pekanbaru. Peningkatan KPMM peserta didik dapat dilihat dari analisis KPMM secara klasikal. Pada rata-rata nilai kemampuan awal KPMM peserta didik sebelum tindakan adalah 39,76. Rata-rata nilai KPMM peserta didik pada siklus I adalah 61,12. Rata-rata nilai KPMM peserta didik pada siklus II adalah 75,06. Rata-rata nilai KPMM peserta didik pada siklus I 21,36 lebih tinggi dari rata-rata nilai tes awal. Sedangkan rata-rata KPMM peserta didik pada siklus II 13,94 lebih tinggi dari rata-rata nilai siklus I. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model PBL dapat memperbaiki proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII-1 SMP Taruna Sakti Pekanbaru semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 pada konten Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).References
Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(1), 39-46. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i1.765
Andesma, T., & Anggraini, R. D. (2019). Penerapan PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X TKR 1 SMK Muhammadiyah 1 pekanbaru. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 2(1), 12-18. https://doi.org/10.33578/prinsip.v2i1
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82-91. https://doi.org/10.30736/theorems.v1i2.384
Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Fitriani, I. (2018). Peranan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 841-846. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i2.31
Hesti, Feri. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI MIA 3 Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 (1), 759-771. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.419
Kurniawan, A., Juliangkary, E., Pratama, M. Y., & Saputra, I. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fungsi. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 7(1), 72-82. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1679
Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN dengan Menggunakan Metode Open Ended di Bandung Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178-186. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 170. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644
Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65-73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12
Pauweni, K. A., & Iskandar, M. E. B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 8(1), 23-28. https://doi.org/10.34312/euler.v8i1.10372
Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82-90. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i2.2007
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.391
Suryawan, H. P. (2021). Pemecahan Masalah Matematis. Sanata Dharma University Press.
Wildaniati, Y., Santoso, A., & Dewi, R. S. I. (2024). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 12-26. https://doi.org/10.32332/elementary.v10i1.9015
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51-62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.474
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.