PENGARUH PERMAINAN MONOPOLI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Ade Suherman, Fajri Sub'haan Syah Sinaga

Abstract


Pembelajaran matematika sangat dipengaruhi oleh pemilihan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan monopoli dalam pembelajaran matematika dan kemampuan kognitif pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitaif dengan menggunakan eksperimen pada variabel independen pengaruh permainan monopoli dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukan variabel dependen dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kemranjen. Adapun variabel dependen dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kemranjen. Desain penelitian menggunakan sistem populasi yang akan diambil oleh kelas VII. Sedangkan pada penelitian ini digunakan menggunakan desain Posttest-Only. Dalam populasi ini, yaitu siswa kelas VII. Teknik sampel ini menggunakan cluster random sampling dalam pengambilan sampel pada kelas VII E dan kelas VII F sebagai kelas eksperimen, dan untuk kelas VII B dan Kelas C sebagai kelas kontrol. Dalam pelaksanaan pembelajaran kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran monopoli. Nilai Sig ini adalah <α (0,026 <0,01) atau thit = 2,65 > t (α, 72) = 0,813 yang berarti bahwa Ho diterima. Berdasarkan hasil yang didapatkan menjelaskan bahwa tidak ada perlakuan yang harus diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol.


Keywords


permainan monopoli, pembelajaran matematika, kemampuan kognitif.

Full Text:

PDF

References


Ananda. 2019. “Pengembangan Media Chemopoly Game Struktur Atom Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Ketuntasan Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 4 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK) 45.

Cahyadi, ani. 2019. “Pengembangan Media Dan Sumber Belajar: Teori Dan Prosedur.” Serang.

Dina. 2019. “Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK).” Jurnal Review Pendidikan Islam , 1 (2).

Hardani. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Kalangan.

Ma’ani. 2020. “‘Pengaruh Penggunaan Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas III Di SDN 38 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020,.’” Universitas Muhammadiyah Mataram.

Matematika, Jurnal Pendidikan. 2021. “π ( Phi ).” 5:87–97.

Monika, Aritmatika, and Pada Pembelajaran. n.d. “Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Aritmatika (Monika) Pada Pembelajaran Matematika.” 133–40.

Nikmah. Ulfiatun. 2020. “‘Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Metode Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Patikraja.’”

Pradiarti, Refni Adesia, and Subanji Subanji. 2022. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Kognitif.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 11(3):379–90. doi: 10.31980/mosharafa.v11i3.1506.

Rahayu, Ida. n.d. “PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI MATERI TANAMAN DIKOTIL DAN MONOKOTIL KELAS IV SEKOLAH DASAR.” 1–11.

Usep dkk. 2022. Media Pembelajaran. Bandung.

Wulandari, Yuni, Astri Eka Rahmawati, Siti Zubaidah Handriani, Anisa Anggun Setyaningsih, Abdul Luqi Baidowi, and Darmadi Darmadi. 2020. “Penerapan Dan Pemahaman Siswa Smp Kelas Viii Terhadap Materi Pembelajaran Matematika Dalam Kehidupan.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 4(1):85–89. doi: 10.31004/jrpp.v4i1.1819.

Yunus, Muhammad. 2021. “‘Analisis Kemampuan Kogntif Siswa Kelas IX Menggunakan Pembelajaran Matematika Sistem Daring Di MTS Al-Mawasir Padang Kalu.’”




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.9729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: