PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE PADA MATERI SIFAT-SIFAT SEGI EMPAT DI SMPN 8 JAYAPURA

Aliftya Rahmadita, Bettisari Napitupulu, Pitriana Tandililing

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Van Hiele pada materi sifat-sifat bangun datar segi empat di kelas VII D SMP Negeri 8 Jayapura. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan gabungan (kualitatif dan kuantitatif). Subjek penelitian ini berjumlah 22 peserta didik. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik, dan tes individu. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, penelitian ini berjalan dengan baik disebabkan terlaksanakannya semua tahapan pada model pembelajaran Van Hiele. Dari hasil observasi guru diperoleh kategori baik dan hasil observasi peserta didik diperoleh kategori sangat aktif. Dari hasil tes individu yang diberikan peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat dua peserta didik mencapai tingkat 0 (Visualisasi), empat peserta didik mencapai tingkat 1 (Analisis)  dan 16 peserta didik mencapai tingkat 2 (Informal deduktif).

Keywords


penerapan; model pembelajaran; van hiele; segi empat

Full Text:

PDF

References


Aini, K., & Pujiastuti, H. (2020). Hubungan antara Keterampilan Guru dalam Memberikan Penguatan dengan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 259–266.

Dangnga, M. S., & Muis, A. A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif (Vol. 2). Makassar: Sibuku.

Gunawan, F., & Haryudo, S. I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Guided Teaching Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TIPTL Di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05(01), 31–35.

Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Kooperatif. Magelang: Graha Cendekia.

Hernita, R., Hamid, A., & Tandiayuk, M. B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Van Hiele Untuk Luas Permukaan Serta Volume Balok Dan Kubus di Kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 72–83.

In’am, A. (2015). Menguak Penyelesaian Masalah Matematika. Malang: AM Publishing.

Junedi, B. (2017). Penerapan Teori Belajar Van Hiele Pada Materi Geometri Di Kelas VIII. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 1–7.

Kadir, K., Mulyati, S., & Chandra, T. D. (2018). Penerapan Langkah-langkah Pembelajaran Van Hiele Berbantuan Media Manipulatif sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Segiempat Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 134–145.

Kurniasih, R. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Fase Belajar Model Van Hiele Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Jurnal Silogisme, 2(2), 61–68.

Kusnadi, D., & Nanna, A. W. I. (2018). PENERAPAN TEORI VAN HIELE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SDN 045 TARAKAN. Edukasia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 5–13.

Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333–344.

Mulyadi, I., & Muhtadi, D. (2019). Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Gender di MTs Negeri Kabupaten Pangandaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 5(1), 1–8.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Jurnal Matematika, 16(2), 1–6.

Nuraini, L., Nur’aeni, E., & Ganda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Teori Belajar Van Hiele terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar, 8(2), 395–403.

Rahmadani, H., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Teknologi Informasi di SMA IT Albayyinah Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 91.

Rohmah, Z. A. (2021). Teori-Teori Belajar. Semarang: Walisongo.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298.

Sugara, E. W., Nyoman Sridana, Eka Kurniawan, & Baidowi. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Geometri Berdasarkan Level Berpikir Van Hiele Kelas VIII SMPN 2 Wanasaba Tahun Ajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 233–245.

Susanto, S., & Mahmudi, A. (2021). Tahap berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari keterampilan geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 106–116.

Wali, G. N. K., Winarko, W., & Murniasih, T. R. (2020). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Tutor Sebaya. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 164–173.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v14i2.8966

Refbacks



Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.