EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIK MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK SETTING KOOPERATIF PADA SISWA KELAS VII SMPIT UMAR BIN KHATTAB KABUPATEN PANGKEP

Ahmad Syamsuadi, Yusra Yusran

Abstract


This research is a type of pre-experimental research that aims to: Determine the level of competition for the effectiveness of students who are given a scientific approach to cooperative settings for quadrilateral and triangular flat fields in class VII students of SMP Negeri 6 Makassar based on (a) student achievement, (b) Activities student learning, and (c) Student response. The population in this study were all seventhgrade students of SMPIT Umar Bin Khattab Kabupaten Pangkep. While the sample was selected at random 1 class to be applied as a group that will be given learning treatment by applying a scientific approach to cooperative settings. Before learning is done, pre-test is given first, then learning is carried out by applying a scientific approach in a cooperative setting for 5 meetings, and then given a post-test. The results showed that: (1) the average score of learning implementation from the first meeting to the fifth meeting was 3.80 (very good category). (2) the average value of student learning achievement (gain) is 0.6 (medium classification). (3) the average score of the student activity category is 3.4 (very good category). (4) the average student response is 3.1 (the category tends to be positive). (5) The value of effectiveness (E) obtained is 3.20 (quite effective). Results Based on the research, the scientific approach of cooperative setting is quite effective to be applied to the seventh grade students of SMPIT Umar Bin Khattab Kabupaten Pangkep.


Keywords


scientific approach; cooperative and effectiveness

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, L., Aditya, D., & Dwijayanti, I. (2019). Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40-51.

Arsyad, N. (2016) Model Pembelajaran Menumbuhkembangkan Kemampuan Metakognitif. Makassar: Pustaka Refleksi.

Ayu .N.S. dkk. (2019). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita dikelas VIII Mts. Negeri Bandar T.A 2017/2018. jurnal pendidikan dan matematika, 82-95

Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash Cs 4.0. Infinity Journal, 4(2), 197

Daryanto. (2014). Pembelajaran Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. (cetakan pertama). Yogyakarta: Gava Media.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21 kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Bogor : Ghalia Indonesia

Indriyani, dkk. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas V Sekolah Dasar, 15.

Isnaeni, I., & Maya, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Generatif. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematik Siswa Sekolah Mengengah Atas Melalui Pembelajaran Generatif, 19(2),

Jusmawati. (2015) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Setting Kooperatif Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas X SMA Negeri 11 Makassar.Makassar: Tesis UNM.

Jusmawati. (2015) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Setting Kooperatif Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas X SMA Negeri 11 Makassar.Makassar: Jurnal Daya Matematis 3(1).

Kasma.2019.Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kajuara.Skripsi tidak diterbitkan.Makassar:Universitas Muhammadiiyah Makassar

Kurniawan. (2006) Pembelajaran dengan pendekatan saintifik Untuk meningkatkan kemampuan Koneksi matematik siswa smk. Bandung: Tesis UPI

Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (Lam) Berbasis Teori Apos pada Materi Turunan. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-11

Prahastiwi, dkk. (2014). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mia 3 Sma Negeri 6 Malang. Jurnal Fisika FMIPA, Universitas Negeri Malang. 2 (1), hlm. 2.

Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika, 1(2), 56-62.

Rifai.F. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dikelas IX SMP Negeri 13 Makassar. Skripsi; Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (edisi dua). jakarta :rajawali press

Sani, A, R. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Syamsuadi, A. (2016) Komporasi efektivitas pendekatan kontekstual, problem solving dan saintifik setting kooperatif pada pembelajaran matematika siswa SMP Negeri Akreditasi A di Kota Makassar: Tesis UNM

Trianto 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: kencana

Yanti, R. Dkk (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Aksioma Journal, 10(2), 182




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v14i1.8502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: