PENGGUNAAN ALAT PERAGA (KANCING BAJU) PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS V SD
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting, ini dapat dilihat pada struktur dan alokasi waktu yang disediakan dalam kurikulum Sekolah Dasar yang disediakan saat ini, disamping beberapa mata pelajaran yang lainnya. Di kelas V Sekolah Dasar mata pelajaran matematika mendapat alokasi waktu 6 (enam) jam pelajaran tiap minggunya, ini merupakan alokasi waktu terbanyak bersama sama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Namun demikian tingkat penguasaan materi pelajaran matematika rata-rata masih rendah, dilihat dari banyaknya siswa yang tidak mampu melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Karso, dkk. 2005. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mulyono, Djoko. 2006. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Pada Petak Persegi Satuan Dalam Mengukur Luas Daerah Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas IV SD Lempongasari 01 Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Romzah, Faizur. 2006. Penggunaan Alat Peraga Pada Pengajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan Kelas III SD. Universitas Negeri Semarang.
Ratna, Wilis Dahar 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdikbud.
//digilib.unnes.ac.id/collect/tmp/777.html
//digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi.1/tmp/2099.html
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v6i2.7249
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.