MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)

Musdalifah Musdalifah

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tidakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tanralili Kabupaten Maros yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Tanralili Kabupaten Maros dengan jumlah siswa 35 orang pada semester genap Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan teknik kategorisasi standar. Hasil penelitian yang dicapai setelah dianalisis yaitu: 1) Pada siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 57,57 dengan standar deviasi 13,95 pada skor ideal 100. 2) Pada siklus II, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar  78,00 dengan standar deviasi 12,67 pada skor ideal 100. Hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I sebesar 45,71 15%">  ke siklus II sebesar 82,86%. 3) Keaktifan siswa selama proses belajar mengajar juga meningkat dari siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Tanralili setelah penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI).


Keywords


Hasil Belajar; TAI; Matematika

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 1987. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Ba-ru Algesindo.

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA.

Kusumaningrum, Retna. 2006. Keefektifan Model Pembelajaran Koopeatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Melalui Pemanfaatan LKS (Lembar Kerja Siswa) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Semarang: UN-NESA.

Misdar. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Strategi Scaffolding pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabu-paten Gowa. Skripsi. Makassar : UNISMUH

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pen-didikan. Jakarta: Kencana.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rine-ka Cipta.

Slavin, 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Pustaka.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.

Taniredja, Tukiran, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Tiro, Muhammad Arif. 1999. Dasar-dasar Statistika. Makassar: State University of Makassar Press.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v4i2.7229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.