PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORY, VISUAL DAN INTELEKTUAL)

Andi Alim Syahri

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual dan Intelektual) pada siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Polongbangkeng Utara. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Polongbangkeng Utara pada semester ganjil 2011/2012, dengan jumlah siswa 36 orang. Siklus I dilaksanakan selama 4 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa selama pembelajaran berlangsung, angket kreativitas untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa setelah pemberian tindakan, dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah pemberian tindakan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Terjadi peningkatan untuk semua indikator yang diamati yaitu fleksibilitas, originalitas, elaborasion dan fluency. (b) Skor rata-rata kreativitas siswa pada siklus I sebesar 51,55 dari skor ideal 123,18 dengan standar deviasi 7,878 dan pada siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 75,41 dari skor ideal 123,18 dengan standar deviasi 7,604. (c) Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60,28 dari skor ideal yaitu 100 dengan standar deviasi 7,362 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,75 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 7,780. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual dan Intelektual) maka kreativitas belajar matematika siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Polongbangkeng Utara dapat meningkat.

Keywords


Kretaivitas Belajar; Pendekatan; SAVI

Full Text:

PDF

References


Ayudiah, Fitri. 2007. Kesiapan Guru Negeri di Kabupaten Brebes Utara DalamMelaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidiakn (Ktsp) Tahun Ajaran2007/2008. http://www.Digilib.Unnes.a.c.id/gsdi/colled/skripsi/index/assoc/hashoib8/9390bb4.dir/doc.pdf, diakses 7 september 2011)

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan anak. Jakarta : penerbit Erlangga Muhammad, Irawati. 2007. Peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan SAVI pada siswa kelas VII-B SMP YAPEND Bungaya Makassar. Skripsi. Jurusan matematika FMIPA UNM

Munandar, Utami. 1999. Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta : Rineka Cipta

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya : Kencana

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung : PT Raja persada

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru

Sunardi, dkk. 2005. Matematika Kelas XI Program Studi Ilmu Alam SMA dan MA. Jakarta : Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v4i2.7228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.