PENGARUH MEDIA ELEKTRONIK TV TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V

Maryati Z, Junaedi Junaedi

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media elektronik TV terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian dilaksanakan di sd aisyiyah muhammadiyah 3 makassar, dengan memilih 20 orang siswa sebagai sampel, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner, dokumentasi, dan wawancara. Untuk menjelaskan karakteristik responden menggunakan analisis persentase, sedangkan untuk menjelaskan deskripsi penelitian yang berkaitan dengan hipotesis dianalisis dengan menggunakan analisis ; Korelasi Product Moment, Koefisien Determinasi, dan Uji signifikan test t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media elektronik TV (X), berpengaruh signifikan tehadap hasil belajar IPS (Y) yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,44. Sedangkan untuk uji signifikan uji t diperoleh bahwa t hitung yang diperoleh adalah lebih besar dari ttabel (0,44>0,195), pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis determinasi menunjukkan bahwa variabel media elektronik TV (X) berpengaruh sebesar 19,36% terhadap variabel hasil belajar IPS (Y), sedangkan selebihnya yaitu sebesar 80,64% adalah dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Media Elektronik TV; Hasil Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Buchari Mochtar, Transformasi Pendidikan (Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1995)

Dra.Ssugihastuti,M.S,Teori Apresiasi Sastra.Yogyakarta : Pustaka Pelajar,2002

Drs.yandianto,Kamus Umum Bahasa Indonesia.Bandung: PT M2S.2000

Dr.A.Sukri Syamsuri.Dkk, Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar :Panrita Press,2014

Drs.H.Ali,Muhammad.2010. guru dalam proses belajar mengajar , Bandung : Sinar baru algensindo

Heru Effendy, Industri Pertelevisian Indonesia Sebuah Kajian (Jakarta; Penerbit Erlangga, 2008

Kisworo, “Pembelajaran IPS Tetap Bermaka”, http://www.upy.ac.id/site/index.php? pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=8, 22 Maret 2008.

Saefullah, K.H. U. 2012.Psikologi PerkembangandanPendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan : Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru : Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prof.Dr.Azhar Arsyad,M.A,Media Pembelajaran.Jakarta : PT RajaGrapindo Per-sada,2013

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, (SISDIKNAS) Sis-tem Pendidikan Nasional, (Bandung: PT Fokusmedia, 2003)

Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2008)

Wibowa, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah : Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Zubaedi, 2011. Desain Pembelajaran Karakter: Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v7i2.7215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.