EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIG-SAW PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT

Mutmainnah Mutmainnah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai (1) Seberapa besar hasil belajar matematika siswa kelas X4 SMA Negeri 9 Makassar   yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif  tipe jigsaw, (2) Seberapa besar hasil belajar  matematika siswa kelas X6 SMA Negeri 9 Makassar yang diajarkan dengan pembelajaran secara konvensional, (3) Apakah hasil belajar matematika yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif  tipe jigsaw lebih baik dari hasil belajar matematika yang diajarkan dengan pembelajaran secara konvensional. Sampel diperoleh dengan mengambil seluruh anggota populasi.  Sampel terdiri dari 60 siswa yang berasal dari kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa.  Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen yang dilaksanakan pada pertemuan pertama dan pertemuan terakhir. Data yang diperoleh dianalisis  secara deskriptif dan inferensial, hasil  analisis  deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 43,33% dan skor rata-rata 73,50% dari skor rata-rata ideal 100,00 dan standar deviasi 20,892, sedangkan hasil belajar matematika yang diajarkan dengan pembelajaran secara konvensional berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 33,33% dan skor rata-rata 43,50 dari skor rata-rata ideal 100,00 dan standar deviasi 20,726. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari hasil belajar matematika yang diajarkan dengan pembelajaran secara konvensional untuk pokok bahasan persamaan kuadrat. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar dapat mengefektifkan pembelajaran matematika siswa.

Keywords


Kooperatif Tipe Jigsaw; Pembelajaran Konvensional

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi. 1991. Tekhnik Belajar yang Efektif. Jakarta: PT Rineka Cipta

Abu Ahmadi dan Supriyono, Widodo. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Abdurahman, Maman. 2007. Inti Sari Matematika SMA. Bandung: CV. Pustaka Setia

Ainy, Chusnal. 2000. Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dalam Pengaja-ran Matematika di sekolah Dasar. Tesis PPs IKIP Surabaya

Arends, Richard. 1997. Classroom Intruction and Management. Mc Graw Hill.

Azhari, Akhyas. 1996. Psikologi Pendidikan. Semarang: Toha Putra

Ferguson, George A. 1989. Statistical Analysis in Psycology and Education. Mc Graw Hill. Inc. Singapore.

Fithriani Sitti, 2008. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mandiri Mahasiswa Unismuh Makassar. Penelitian Unismuh Makassar.

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Mengajar dan Belajar Matematika. Malang: FKIP Malang.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: IKIP Surabaya University Press.

Karso, dkk. 2001. Dasar-dasar Pendidikan MIPA. Jakarta: Pusat Penerbitan Uni-versitas Terbuka.

Kurnianingsih Sri, dkk.2004. Matematika SMA. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Muktiyani. 2003. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada SMU Si-doarjo. Proposal Penelitian PPs Unesa.

Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Roesdakarya

Muliono & Abdurahman. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakar-ta: PT. Rineka Cipta

Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: IKIP Surabaya Uni-versity Press.

Poerwadarminta. Wjs. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ratumanan. 2002. Hakekat Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Slavin, R.E. 1994. Using Student Team Learning: Theory, research, and Practice. Boston: Allyn & Bacon

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Soedjadi. 1999. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen, Dikti Depdiknas.

Soemantry Wasty.2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 1994. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sumanto. 1995. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: andi Offest

Wahyu, Widada. 1999. Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Tesis PPs IKIP Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v7i2.7212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.