TEORI BELAJAR SKINNER

Muh Syafir, Ramlan Mahmud, Ediaman Ediaman

Abstract


Burrhus Frederic Skinner merupakan satu pelopor progresivitas behaviorisme. Sebagai teoritisi, dia menolak semua teori kepribadian. Menurutnya, psikologi belum siap (belum memiliki data faktual) untuk membangun teori kepribadian yang mencakup segala hal. Dia tidak membahas topik kepribadian secara khusus kecuali sekedar menjadikannya sebagai label dari aspek tingkah laku tertentu. Karena penolakan inilah, Skinner kemudian menjelma menjadi tokoh behaviorisme paling produktif dalam mengemukakan gagasan dan penelitian, paling berpengaruh, dan paling berani dalam menjawab setiap tantangan dan kritik atas behaviorisme.

Keywords


Teori Belajar; Skinner

Full Text:

PDF

References


Russefendi, E.T. 1988. Pengantar kepada Membentu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Santrock, John.W. 2007. Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI Bandung.

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada: Ja-karta.

Walgito, B. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v3i1.7205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.