ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER PADA SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 2 LABAKKANG
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perbedaan gender pada siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Labakkang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perbedaan gender. Analisis keterampilan berpikir kritis dalam penelitian ini menggunakan kriteria dari Ennis yang terdiri dari Focus, Reason, Inference, Clarity and Overview. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Labakkang sebanyak empat orang siswa yaitu dua orang siswa laki-laki dan dua orang siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung berupa tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan teknik non tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada subjek laki-laki memenuhi lima kriteria berpikir kritis yaitu Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, sementara kriteria overview tidak terpenuhi. Sedangkan pada subjek perempuan memenuhi semua kriteria berpikir kritis yaitu Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity dan Overview. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa perempuan lebih baik dari laki-laki dalam hal keterampilan berpikir kritis karena perempuan melakukan pengecekan kembali secara menyeluruh yaitu pada indikator overview dan terdapat perbedaan dalam prosesnya.
The main problem in this study is how critical thinking skills in solving mathematical problems in terms of gender differences in students of class VIII.1 SMP Negeri 2 Labakkang. This study aims to analyze students' critical thinking skills in solving mathematical problems in terms of gender differences. Analysis of critical thinking skills in this study uses the criteria of Ennis consisting of Focus, Reason, Inference, Clarity and Overview. This type of research is a descriptive study with a qualitative approach. The subjects in this study were eighth grade students of SMP Negeri 2 Labakkang with four students, namely two male students and two female students. The research instrument used in this study is the main instrument that is the researcher himself and the supporting instruments in the form of problem solving tests and interview guidelines. Data collection techniques namely test techniques and non-test techniques. While the data analysis techniques used are the data reduction stage, the data presentation stage and the conclusion drawing stage. The results showed that male subjects met the five criteria of critical thinking, namely Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, while the overview criteria were not met. Whereas the female subject fulfills all the criteria of critical thinking, namely Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity and Overview. Based on the results of this study, it can be concluded that women are better than men in terms of critical thinking skills because women do a thorough re-checking of the indicator overview and there are differences in the process.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alexandra, Gita & Novisita Ratu. 2018. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP Dengan Graded Response Models. Jurnal Mosharafa. Vol. 7, No. 1.
Anggoro, Bambang Sri. 2016. Analisis Peresepsi Siswa SMP Terhadap Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Dan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7, No. 2.
Cahyono, Budi. 2017. Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Jurnal matematika. Vol. 8, No. 1.
Dewanti, Sintha Sih. 2018. Profil Berpikir Kritis Mahasiswa PGMI Dalam Memecahkan Masalah Matematika Dasar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol. 6, No. 1.
Fibrianto, Alam Sigit. 2016. Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Organisasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2016. Jurnal Analisa Sosiologi. Vol. 5.
Mahardiningrum, Anita Sri & Novisita Ratu. 2018. Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pangudi Luhur Salatiga Ditnjau Dari Berpikir Kritis. Jurnal Mosharafa. Vol.7, No. 1.
Mardiyana. 2014. Profil Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Surakarta Dalam Memecahkan Masalah Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Dan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 2, No. 9.
Maulana. 2017. Konsep Dasar Matematika Dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: Upi Sumedang Press.
Neolaka, Amos. 2019. Isu-Isu Kritis Pendidikan Utama Dan Tetap Penting Namun Terabaikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Paramita, Mahditia. 2014. Kota Layak Anak Indonesia. Yogyakarta: Hunian Rakyat Caritra Yogya.
Rohmatin, Dian Novita. 2012. Profil Berpikir Kritis Siswa Smp dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau Dari Tingkat IQ. Jurnal Gamatika. Vol. III no. 1.
Tahir, Sitti Rahmah. 2015. Profil Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tondong Tallasa. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v12i1.3913
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.