PENERAPAN CLASS ROOM-BASED ASSESSMENT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI

Hasbil Hata Sumang Rena

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan class room-based assessment dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi  trigonometri  pada  siswa  kelas  X  IPS  MAN  Nagekeo  tahun  pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MAN Nagekeo semester genap dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah bahwa aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran class room-based assessment sangat baik sekali. 90,47% sudah menandai kategori yang baik sekali. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran class room-based assessment sudah sangat baik.  85,71%  sudah  menandai  kategori  yang  baik  sekali.  Sedangkan  Prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran class room-based assessment mengalami peningkatan. 88,89% siswa mencapai ketuntasan secara individu, berdasarkan analisis terhadap pencapaian KKM yang telah ditetapkan sekolah.

Keywords


Menerapkan class room-based assessment, meningkatkan prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar-Mengajar Keterampilan Berbahasa & Apresiasi Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh

Anas, Sudijono. 2001. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

-----.2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung

Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. : Rineka Cipta.

Dede Rosyada. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana. Depdiknas.

Muslich, Masnur. 2007. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, Masnur. (2009). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Roberd L. Linn dan Gronlund. 1995. Measurement and Assessment in Teaching. New Jersey/Columbus, Ohio: Merril, an imprintof prentice Hall Education.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas : Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta : PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v12i1.3909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA



Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.