PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIIIA SMPN 4 BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG

Saharuddin Saharuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu  siswa kelas VIIIA SMPN 4 Bissappu Kabupaten Bantaeng sebanyak 31 orang dengan komposisi 16 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Peningkatan kualitas pembelajaran matematika ini meliputi kualitas proses dan kualitas hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Siklus I skor rata-rata siswa yaitu 70,96 dari skor ideal 100 dengan  simpangan baku 11,28. Siswa yang tuntas belajar secara individu di siklus ini sebanyak 14 orang dengan ketuntasan klasikal 45% (2) Siklus II skor rata-rata siswa yaitu 88,70 dari skor ideal 100 dengan simpangan baku 9,65. Siswa yang tuntas belajar secara individu di siklus ini 30 orang dengan ketuntasan klasikal 96%  (3) Untuk aktivitas proses dilihat dari tiga indikator yaitu: a) keaktifan fisik berupa kehadiran siswa, perhatian siswa terhadap materi yang diberikan, dan keaktifan siswa dalam kegiatan kelompok. b) keaktifan mental yaitu siswa yang mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum dipahami, siswa yang mengerjakan soal di papan tulis, siswa yang mempresentasikan hasil diskusi, siswa yang memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok, serta siswa yang masih membutuhkan bimbingan dalam pembelajaran kelompok. dan c) keaktifan sosial yaitu kerjasama siswa dalam kegiatan kelompok. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, baik keaktifan fisik, mental maupun sosial semakin baik dan meningkat dari Siklus I ke Siklus II.


Keywords


Kualitas Pembelajaran Matematika, Pendekatan Kontekstual

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ridwan, Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Aksan, Muhammad. 2014. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Aritmatika Social Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas VII.A SMP Neregi 3 Malili Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. Makassar: FKIP Unismuh.

Arham. 2011. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Pendekatan Problem Posing Setting Kooperatif Tipe Think-Pair-Share pada Kelas VIIIA SMP Negeri Satap Burungloe Kabupaten Sinjai. Semarang: FIP UNESA.

Baharuddin, dkk. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Komalasari, Kokom. 2013.Contextual Teaching And Learning. Bandung: Refika Aditama.

Lestari, Ayu. 2014. Peningkatkan Kualitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas VII.A Smp Neregi 3 Malili Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. Makassar: FKIP Unismuh.

Natamia. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas III SD Negeri I Simo Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali.Skripsi. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Ningrum. 2010. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas V SD Weding 1 Dema. Skripsi. Semarang: FIP UNESA.

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Gegerkalong Hilir.

Sardiaman. 2006. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 33 Makassar. Skripsi. Makassar: FMIPA UNM.

Suyadi. 2012. Srategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya.

Syamsuddin, Saiful. 2011. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Makassar. Skripsi. Makassar: FKIP Unismuh.

Tim Kreasi Bahasa. 2015. Kamus Bahasa Indonesia: Kreasi Media.

Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. 2015. Pedoman Penulisan SKRIPSI. Makassar: FKIP Unismuh Makassar.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v11i1.3079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA



Flag Counter


INDEXED BY: