IMPLEMENTASI KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA MATERI BARISAN DAN DERET SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI MATAKALI

Hastomo Machfud

Abstract


Kualitas dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar dan respons siswa pada pelajaran Matematika di SMA Negeri Matakali. Untuk itu peneliti menerapkan pendekatan cooperative learning model Students Teams Achievement Divisions (STAD) dalam proses pembelajaran. Diharapkan model ini dapat meningkatkan respons, aktivitas, dan hasil belajar siswa materi Barisan dan Deret  kelas XII IPA SMA Negeri Matakali. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester Ganjil tahun Pelajaran 2018/2019 di Kelas XII IPA SMA Negeri Matakali. Dari hasil penelitian diperoleh respon siswa positif. Skor rata-rata angket respon siswa meningkat dari 3,46 menjadi 3,71. Aktivitas siswa juga meningkat, secara kuantitas naik dari 3,12 menjadi 3,15. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar matematika siswa dari 80,55 pada siklus I menjadi 81,82 pada siklus II. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achiement Divisions dapat meningkatkan respon siswa, aktivitas siswa, dan hasil belajar matematika siswa.


Keywords


Respon Siswa; Aktivitas Siswa; Hasil Belajar; Students Teams Achievements Divisions (STAD).

Full Text:

PDF

References


Arends,Richard I,2008. Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaaka Pelajar

Asmawati,2010. Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe NHT Dalam Pembelajaran Matriks Pada Siswa

Kelas X SMK Negeri 1 Pallangga Gowa.Tesis tidak diterbitkan Makassar.PPs Universitas Negeri Makassar http://definisi-pengertian.blogspot.com/2009/11/pengertian-belajar.html

Huda,Miftahul.2011. Cooperative Learning. Metode,Teknik,Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim.2000.Pembelajaran Kooperatif. Surabaya:Pusat Sains dan Matematika Sekolah: Universitas Negeri Surabaya.

Isjoni.2010. Efektifitas Pembelajaran Kelompok.Bandung:Alfabeta

Nuryeni. 2002. Komparasi metode kerja kelompok dan kerja individu dalam pembelajaran matematika dalam kelompok bahasan lingkaran I, skripsi Makassar: FMIPA UNM.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, Robert E.2015. Cooperative Learning.Bandung: Nusa Media

Suherman. H, Erman. dkk, 2003. Strategi pembelajaran matematika kontenporer. Universitas pendidikan Indonesia: JICA

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Tiro,Muhammad Arif. 2000. Dasar-dasar Statistika. Makassar: State University Of Makassar Press.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v11i1.3074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA



Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.