ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: PENDEKATAN MODEL RASCH
Abstract
alah satu faktor afektif yang turut menentukan keberhasilan peserta didik dalam belajar adalah minat terhadap pembelajaran. Penelitian ini untuk menilai kualitas instrumet minat belajar melalui pendekatan model rasch. Instrument dalam penelitian ini berupa angket non tes skala minat belajar sejumlah 20 butir item yang telah di uji coba pada 146 peserta didik jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Analisis data dilakukan menggunakan bantuan program model rasch dengan software Winsteps versi 3.73. Hasil menunjukkan bahwa instrument memenuhi kriteria unidimensionalitas dengan nilai raw variance explained sebesar 44%, serta memiliki tingkat kesesuaian butir yang baik berdasarkan nilai infit dan outfit MNSQ namun terdapat beberapa nomor yang tidak valid yaitu P8, P12, dan P15. Sebaran tingkat kesulitan item berada dalam rentang logit yang proporsional, rating scale menunjukkan bahwa kategori respon berfungsi dengan baik. Variabel peta memperlihatkan keseimbangan antara kemampuan responden dan tingkat kesulitan item. Analisis DIF menunjukkan beberapa item memiliki potensi bias terhadap gender, namun tidak signifikan. Penelitian ini penting untuk mengembangkan dan menganalisis instrumen minat belajar dengan pendekatan model rasch, yang mampu memberikan gambaran validitas, reliabilitas, serta mendeteksi bias item secara lebih objektif
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Abd-El-Fattah, S. M. (2015). Rasch rating scale analysis of the arabic version of the physical activity self-efficacy scale for adolescents: a social cognitive perspective. Psychology, 06(16), 2161–2180. https://doi.org/10.4236/psych.2015.616213
Ambarwati, D., & Maarif, S. (2025). Rasch model analysis: development of students’ numeracy literacy interest instruments in mathematics learning. (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 11(1), 41–52. https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i1.7279
Boone, W. J., Staver, R. J., & Yale, S. (2015). Rasch analysis in the human sciences. Journal of research design and statistics in linguistics and communication science, 5(1–2), 208–211. https://doi.org/10.1558/jrds.37535
Dindin Syaripudin, I., Samsudin, A., Yuliani, W., & Studi Bimbingan dan Konseling, P. (2023). Validitas Dan Reliabiltas Angket Minat Belajar. FOKUS: Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 6(1), 42–46 . https://doi.org/10.22460/focus.v1i1.8641
Dores, O. J., Sopia, N., & Aming, A. (2023). Analisis hubungan minat belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas x. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(2), 55–64. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i2.23086
Fadhilah, R., & Ahman, S. (2024). Skala adiksi media sosial: analisis validitas dan reliabilitas menggunakan rasch model. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(02), 158–168. http://dx.doi.org/10.29210/1202424135
Fakhri Ramadhan, M., Siroj, R. A., Win Afgani. (2024). Validitas and Reliabilitas. Journal on Education, 06(02), 10967–10975. http://dx.doi.org/10.31004/joe.v6i2.4885
Faradillah, A., & Septiana, C. (2022). Mathematical resilience: validity and reliability with rasch model and spss in senior high school. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 35–45. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5204
Febrina Tarigan, E., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., Dwi Suyanti, R. (2022). Analisis instrumen tes menggunakan rasch model dan software spss 22.0. JIPK: Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 92–96 . https://doi.org/10.15294/jipk.v16i2.30530
Indihadi, D., Suryana, D., & Ahmad, A. B. (2022). The analysis of construct validity of indonesian creativity scale using rasch model. Creativity Studies, 15(2), 560–576. https://doi.org/10.3846/cs.2022.15182
Junaedi, J., Nuraida, I., & Zamnah, L. N. (2023). Analisis minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama. Prosiding Galuh Mathematics National Conferene, 3(1), 49–55.
Najmi, S., Supriatna, M., & Suryana, D. (2023). Analisis validitas instrumen self-efficacy belajar siswa sekolah terbuka atlet menggunakan model rasch. Jurnal Konseling Indonesia, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.21067/jki.v9i1.9411
Maisari, N., & Usman, U. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan geogebra Terhadap Minat Belajar Matematika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 316–324. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.14925
Meilani, A., Rahayu, W., & Hidajat, F. A. (2025). Penggunaan rasch model untuk menganalisis konstruk instrumen resiliensi matematis peserta didik. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 5(1), 93–101. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v5i1.1180
Muntazhimah, Putri, S., & Khusna, H. (2020). Rasch model untuk memvalidasi instrumen resiliensi matematis mahasiswa calon guru matematika. JKPM:Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. 6(1), 65–74. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8144
Nisa Ramli, M., & Muslimahayati. (2021). Analisis hasil belajar dengan menggunakan pemodelan rasch. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(1), 21–31. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i1.8108
Nurhasanah, H., Rahayu, W., Hidajat, F. A. (2025). Validitas dan reliabilitas instrumen self-efficacy dalam pembelajaran matematika menggunakan rasch model. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 36–45 .
Nurhayati, L., & Setiawan, W. (2019). Analisis minat belajar matematika siswa sma pada materi program linier berbantuan aplikasi geogebra. Jurnal on Education, 2(01), 1–8. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.252
Prayoga, K. P., Suryana, D., Supriatna, M., & Budiman, N. (2024). Penggunaan rasch model untuk menganalisis konstruk instrumen kontrol diri pada siswa sekolah menengah. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 367–381. https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.4459
Rahmawati, N. S., Kurnia Bungsu, T., Daulatina Islamiah, I., Setiawan, W. (2019). Analisis minat belajar siswa ma al-mubarok melalui pendekatan saintifik berbantuan aplikasi geogebra pada materi statistika dasar. Jurnal on Education, 1(03) 386–395. https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.180
Rika Yunika, V., Nur Rohmah, A., Nadiatul Istiqomah, S., & Faradillah, A. (2021). Validitas dan reliabilitas anxiety questioner dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan rasch models. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 2(1), 161-169. https://doi.org/10.30598/snpmunpatti.2021.pp161-169
Rina Dwi Muliani, R. D. M., & Arusman, A. (2022). Faktor - faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684
Sandri, D., Isnaniah, Tisnawati, Tati. (2023). Analisis faktor rendahnya minat belajar siswa kelas ix pada mata pelajaran matematika. Insprirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(1) 175–185. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.484
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata
Syahlani, A., & Setyorini, D. (2023). Pengujian secara empiris (uji validitas dan relibilitas) instrument minat belajar matematika siswa. INNOVATIVE: Jurnal Of Science Research, 3(5) 1607–1619.
Vrasetya, A., & Nasution, E. Y. P. (2025). Korelasi antara kehadiran siswa dan hasil belajar matematika sma. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 561–568. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.5411
Wahyuni, A. (2022). Detection of gender biased using dif (differential item functioning) analysis on item test of school examination yogyakarta. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(1), 46–49. https://doi.org/10.21009/jep.v13i1.26554
Zibar Parisu, C. L., Ekadayanti, W., Sisi, L., Juwaririyah Arna, & Kasmawati. (2024). Analisis butir soal pengetahuan dasar matematika menggunakan pendekatan rasch. SCIENCE TECH: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 10(1), 36–45. https://doi.org/10.30738/st
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.18344
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.