ANALISIS MISKONSEPSI MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) MENGGUNAKAN THREE TIER TEST

Nur Yuliany, Nasrul Nasrul, Ahmad Farham Majid, Lisnasari Andi Mattoliang, Andi Dian Anggriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya miskonsepsi siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) serta miskonsepsi yang muncul ketika siswa menggunakan Three Tier Test pada materi SPLDV. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif dan menggunakan metode kualitatif. Kelas VIII-C menjadi subjek penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 52 Makassar. Teknink pengumpulan datanya yaitu, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tahap Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Three Tier Test dan instruksi wawancara yang telah menjalani dua validasi yahni instrumen penelitian yang digunakan. berfungsi sebagai alat penelitian. Instrumen tersebut divalidasi oleh dua validator dan dianggap sesuai untuk digunakan.  Temuan penelitian, kesalahpahaman berikut muncul dalam materi SPLDV menggunakan Tes Tiga Tingkat: 1) Menggunakan situasi sebagai dasar untuk model matematika dalam bentuk persamaan linier dua variabel dan memanfaatkan pendekatan gabungan untuk menangani serangkaian persamaan linier dalam dua variabel. 2) Buatlah grafik dari sistem persamaan linier dua variabel yang diberikan. 3) Identifikasi persamaan linier dua variabel. Siswa, instruktur, materi instruksional, dan elemen lainnya seperti keterbatasan waktu adalah sumber kesalahpahaman siswa.


Keywords


Miskonsepsi; Sistem Persamaan Linear Dua Variabel; Three Tier Test

References


Bernadine, G., Hidayat, E., & Kurniawan, D. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write And Evaluation Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep …. Jurnal Kongruen, 2(3), 142–150.

Dachi, R., & Sarumaha, R. (2021). Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas Viii Di Desa Idala Jaya Hilisimaetano Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Education and Development, 9(3), 599–604.

Diananda, I., & Rahaju, E. B. (2023). Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Logis Matematis. MATHEdunesa, 12(1), 1–21. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n1.p1-21

Didik, L. A., & Aulia, F. (2019). Analisa Tingkat Pemahaman dan Miskonsepsi pada Materi Listrik Statis Mahasiswa Tadris Fisika Menggunakan Metode 3-Tier Multiple Choices Diagnostic. Jurnal Phenomenon, 9(1), 99–112.

Hendriani, M., Jamaris, & Marsyidin, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Persepsi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 7(2), 361–371.

Indahsari, A. T., & Fitrianna, A. Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Spldv. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 77. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i2.p77-86

Kusuma, A. D. R. A., & Wahyuni, I. (2023). Misconceptions of Quitters Students in Solving Algebra Problems Using a Two-Tier Multiple Choice Diagnostic. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 14(2), 216–227.

Marwah, N., Herawati, L., & Heryani, Y. (2024). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Two-Tier Diagnostic Test Ditinjau Dari Dominasi Otak. Jurnal Kongruen, 3(1), 95–101.

Maryani, A., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di MTs Atsauri Sindangkerta. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2619–2627. https://doi.org/10.32938/jipm.6.3.2021.100-114

Maydawati, L. (2024). Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Metode Subsitusi dan Eliminasi. 02(01), 46–50.

Nuraidha, R. (2023). Analisis Kesalahan Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Pembelajaran Daring Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 265–272. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.12956

Nuraina, & Rohantizani. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Turunan di SMA Negeri 1 Muara Batu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(1), 95–105.

Pratiwi, R. (2016). Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Proses Berfikir Kritis Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Eksponen, vol 8(2003), 1–9.

RACO, J. R. (2010). Penelitian Kualitatif: Metode Penelitian Kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue January). Syakir Media Press.

Rohmah, M., Priyono, S., & Sari, R. S. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Miskonsepsi Peserta Didik SMA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 7(2), 39–47. https://doi.org/10.30599/utility.v7i01.2165

Rohmah, M., Priyono, S., & Septika Sari, R. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Miskonsepsi Peserta Didik Sma. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 7(01), 39–47. https://doi.org/10.30599/utility.v7i01.2165

Sukardi, E., Gaffar, A., Mahmud, R. S., & Ramadanti, A. V. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bentuk Aljabar dengan Menggunakan Three Tier Test. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 123. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.15401

Vidiya, E. C., Afgani, M. W., & Paradesa, R. (2023). E-LKPD Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Konteks Moderasi Beragama : Kepraktisan Pada Tahap Small Group. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 9(2), 74–83. https://doi.org/10.37058/jp3m.v9i2.9191

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.18218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.