PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Anna Fauziah, Jody Setya Hermawan, Rapani Rapani, Sowiyah Sowiyah

Abstract


Rendahnya daya berpikir kritis matematis peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat melatarbelakangi penelitian. Tujuannya guna memahami pengaruh problem based learning berbantuan media ular tangga terhadap daya berpikir kritis matematis peserta didik. Desain quasi-experimental dipakai penelitian dengan rancangan nonequivalent control group design. Semua peserta didik kelas V menjadi populasi, sedangkan sampelnya ialah masing-masing 31 orang di kelas V A sebagai kelompok eksperimen dan kelas V B kelompok kontrol. Soal tes daya pikir matematis secara kritis dan lembar observasi menjadi intrumen penelitian. Uji normalitas, uji homogenitas, dan regresi linier sederhana dipakai guna analisis data. Diperlihatkan hasil penelitian berupa model PBL berbantuan media ular tangga signifikan memengaruhi daya kritis kelas V SDN 11 Metro Pusat saat berpikir matematis.  Signifikansi <0,001 lebih kecil dari 0,05 dan koefisien determinasi R square dalam uji hipotesis sebesar 73,8%. 


Keywords


Problem Based Learning; Media Ular Tangga; Berpikir Kritis Matematis; Sekolah Dasar

References


Aini, H. N., Sari, C. K., Ishartono, N., & Setyaningsih, R. (2023). Daya berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Berorientasi Numerasi Pada Konten Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 841–853. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2531

Andini, S., & Rizky, M. C. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Daya Berpikir Kritis Kepada Peserta Didik. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(12), 16–23. https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr

Andriani, F., & Wahyudi, W. (2023). Media Permainan Ular Tangga Berbasis Misi Untuk Meningkatkan Daya Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(4), 1869–1875. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5743

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. New York: The McGraw-Hill Education.

Asmara, A., & Septiana, A. (2023). Model Pembelajaran Berkonteks Masalah. Pasaman: Azka Pustaka.

Aziz, F. Al, Nengah, N., Dwiyanti, M., Satriana, R., & Hermawan, J. S. (2024). Analisis Penggunaan Aplikasi Kahoot Terhadap Tingkat Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Matematika. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(6), 6644–6653. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i6.15946

Halidah, F., Aini, I, In, N., Ernawati, N., Juhaeni, J., Faizah, L., & Safaruddin, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Instructional and Development Researches, 4(2), 64–74. https://doi.org/10.53621/jider.v4i2.306

Herliani, H., Boleng, D. T., & Maasawet, E. T. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Klaten: Lakeisha.

Juwita, I. R., Kesumawati, N., & Dedy, A. (2023). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Daya berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa Kelas V SD Negeri 03 Oku. INNOVATIVE : Journal Of Social Science Research, 3(6), 10392–10405. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2753

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 107–114. http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i2.107-114

Kusumaningrum, W., & Astuti, S. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar dan Ular Tangga dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Daya berpikir Kritis IPAS Siswa. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(9), 9442–9447. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5303

Kusumawardani, N. N., Rusijono, R., & Dewi, U. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Daya berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1416–1427. https://doi.org/10.36312/jime.v8i2.3217

Maulidah, E., Syaf, A. H., Rachmawati, T. K., & Sugilar, H. (2020). Berpikir Kritis Matematis dengan Kahoot. Jurnal Analisa, 6(1), 19–27. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8516

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335

Nida, I. Z., Sukamto, S., & Purnamasari, V. (2023). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Daya berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4808–4818. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1142

OECD. (2023). PISA 2022 Results The State of Learning and Equity in Education. OECD (Organisation for Economic Co-Operation and Development) Publication, 1–9.

Profithasari, N., Lutfiani, U. I., & Rapani. (2024). Efektivitas Brain Based Learning Berbantuan Wordwall terhadap Daya berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(1), 399–408. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3841

Setiawan, R. A., & Dewi, H. I. (2024). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Daya berpikir Kritis Matematis Peserta didik Sekolah Dasar. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 8(1), 66–74. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v8i1.3381

Sintawati, M., & Mardati, A. (2023). Daya berpikir dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sukarelawa, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking: Analisis perubahan abilitas peserta didik dalam desain one group pretest-posttest. Yogyakarta: Suryacahaya.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.