PENGEMBANGAN E-MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN INTEGRASI COMPUTATIONAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP
Abstract
Rendahnya kemampuan numerasi siswa SMP mengindikasikan perlunya media pembelajaran yang inovatif, kontekstual, dan relevan dengan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan integrasi Computational Thinking untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa pada materi transformasi geometri. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. E-Modul dikembangkan dalam format link web berbantuan platform Lumi Education, Canva, Scratch, dan Google Form. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas IX.2 di SMP Negeri 6 Singaraja. E-Modul yang dikembangkan memiliki karakteristik utama: mandiri, utuh, berdiri sendiri, adaptif, dan mudah digunakan. Karakteristik tambahannya adalah interaktif, kolaboratif, kontekstual, dan menyajikan aktivitas proyek belajar sambil bermain, seperti menyusun puzzle melalui Scratch yang sesuai dengan prinsip pembelajaran berbasis proyek. Uji validitas dilakukan oleh ahli materi dan media menggunakan instrumen Learning Object Review Instrument (LORI), dengan rerata skor validitas materi sebesar 4,9 dan media sebesar 4,81 (kategori sangat valid). Uji kepraktisan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukkan skor aspek daya tarik 1,97, kejelasan 2,07, ketepatan 1,99, stimulasi 2,01, kebaruan 2,02 (kategori unggul), dan efisiensi 1,86 (kategori baik). Uji keefektifan melalui N-Gain menunjukkan rata-rata skor 0,742 (kategori tinggi). Hasil ini menunjukkan bahwa E-Modul P5 dengan integrasi computational thinking dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa SMP.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-Based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226
Dohn, N. B. (2020). Students’ Interest in Scratch Coding in Lower Secondary Mathematics. British Journal of Educational Technology, 51(1), 71–83. https://doi.org/10.1111/bjet.12759
Dúo-Terrón, P. (2023). Analysis of Scratch Software in Scientific Production for 20 Years: Programming in Education to Develop Computational Thinking and STEAM Disciplines. Education Sciences, 13(4), 404. https://doi.org/10.3390/educsci13040404
Fitriana, E., Ramalisa, Y., & Pasaribu, F. T. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis PjBL Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 5(1), 64–73.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Jamna, N. D., Hamid, H., & Bakar, M. T. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3). https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i3.5149
Juliani, N. K. , S. I. G. P. , & N. N. N. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Untuk Meningkatkan Numerasi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.23887/jppmi.v12i1.933
Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914
Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063
Maulana, B. S., Desiyani, K. L., & Ardiansyah, A. S. (2023). Utilization of Scratch in Mathematics Learning on Students’ Computational Thinking Ability. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 36–39. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66494
Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2), 61–66. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408
Nasiba, U. (2022). Brankas Rahasia: Media Pembelajaran Numerasi Berbasis Berpikir Komputasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 521–538. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.764
Pixyoriza, P., Nurhanurawati, N., & Rosidin, U. (2022). Pengembangan Modul Digital Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(01), 76–87. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i01.17541
Safitri, P. T., Yasintasari, E., Putri, S. A., & Hasanah, U. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Model PISA. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.941
Safitri, S. Y., Supriyono, & Astuti, E. P. (2023). E-Modul Matematika Berbasis Kontekstual untuk Mengembangkan Kemampuan Numerasi Siswa SMP. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 47–54. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i1.275
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890
Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil kemampuan literasi numerasi di masa pandemi cov-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 253–261. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1673
Sri Mertasari, N. M., & Candiasa, I. M. (2022). Formative Evaluation of Digital Learning Materials. Journal of Education Technology, 6(3), 507–514. https://doi.org/10.23887/jet.v6i3.44165
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Wahyuningsih, S. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.
Wardani, R., Gustiawan, W., & Ananda, A. P. D. (2021). Efektivitas SPADA Jurusan Administrasi Niaga Sebagai Media Pembelajaran Daring (Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis T.A 2021/2022). Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah, 4(2), 50–62. https://doi.org/10.30863/al-tsarwah.v4i2.2082
Widaningsih, R., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2023). Pembelajaran Berbasis TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 9–16. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p9-16
Yuliana, R., Hakim, L. El, & Aziz, T. A. (2024). Integrasi Computational Thinking dalam Pengembangan Media Pembelajaran melalui Konstruktivisme. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 6(1), 63–69. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v6i1.29027
Yunus, Muh., Hapsan, A., Khadijah, & Setiawan HR, I. (2021). Pelatihan Penyusunan Naskah dan Pembuatan E-Modul bagi Guru SMAN 3 Takalar. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 6–16. https://doi.org/10.35877/panrannuangku471
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa dan Faktor Penyebab. Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283
Zahid, M. Z. (2020). Telaah Kerangka Kerja PISA 2021: Era Integrasi Computational Thinking dalam Bidang Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 706–713. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37991
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17936
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.