ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT
Abstract
Hasil studi PISA dan TIMSS menunjukkan bahwa kemampuan siswa Indonesia dalam menyelesaikan masalah matematika masih rendah. Salah satu aspek yang mempengaruhi proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah adalah tipe kepribadian siswa yaitu ekstrovert dan introvert. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket tipe kepribadian, tes soal matematika, serta wawancara. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa ekstrovert lebih cepat dalam mengambil keputusan, tetapi kurang sistematis dalam menyusun strategi penyelesaian. Sebaliknya, siswa introvert lebih teliti, metodis, dan cenderung mendalami dalam memahami serta menyelesaikan masalah matematika. Kedua subjek memenuhi tahapan proses berpikir menurut Mason, namun mereka menunjukkan perbedaan dalam pendekatan dan strategi yang digunakan saat menyelesaikan masalah. Penelitian ini menegaskan bahwa memahami tipe kepribadian siswa dapat membantu pendidik dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih adaptif, efektif, dan sesuai dengan karakteristik siswa dalam upaya meningkatkan kemampuan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Agustina, R., & Farida, N. (2015). Proses Berpikir Siswa SMK dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Phlegmatis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 151(1), 10–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.92
Alifah, N., Aripin, U., & Siliwangi Bandung, I. (2018). Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematik Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p505-512
Arini, Z., & Rosyidi, A. H. (2016). Profil Kemampuan Penalaran Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(5), 127–136. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v5n2.p%25p
Belinda, R., & Setyaningsih, N. (2021). Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pokok Bahasan Aljabar Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hakim, M. A. R. R. (2019). Strategi Pengajaran Speaking Bagi Para Pembelajar Bahasa Inggris Berkarakteristik Introvert. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 49. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p49-58
Juliansa, M. F., Kartinah, & Purwosetiyono, F. D. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Siswa Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. IMAJINER: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 133–137. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4459
Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25.
Munir, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Resiliensi Matematis Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMPN 1 Mranggen. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Nurhayati, N., Subanji, S., & Rahardjo, S. (2022). Proses Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Tahapan Mason Ditinjau dari Tipe Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 615–634. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1239
Rahmat, T., & Pipit, F. (2017). Proses Berpikir Mahasiswa PMTK IAIN Bukittinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Tarbiyah: UIN Sumatra Utara Medan. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.212
Ramadhani, A. (2022). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert Di MTs. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Ridlo Purwanto, W., Sukestiyarno, Y., & Junaedi, I. (2019). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Persepektif Gender. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/390
Sari, A. A., & Kurniasari, I. (2022). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi SPLTV Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. MATHEdunesa, 11(3), 938–947. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p938-947
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109
Syam, Haerul, Yunus, A. (2023). Analisis Proses Berpikir Matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 12 Makassar. SIGMA: Junal Pendidikan Matematika, 15, 39–48. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.10954
Wardhani, W. A., Subanji, S., & Dwiyana, D. (2016). Proses berpikir siswa berdasarkan kerangka kerja Mason. 297–313. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6152
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17848
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.