EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA TARIAN PIRING GELAS DI ACARA PERNIKAHAN MASYARAKAT DESA SUNGAI BAUNG KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep matematika yang terdapat dalam Tari Piring Gelas, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diperoleh melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, serta triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Piring Gelas di Desa Sungai Baung, Kabupaten Musi Rawas Utara, mengandung berbagai konsep matematika seperti geometri dua dimensi (segitiga, sudut siku-siku, sudut lancip, sudut tumpul, persegi panjang, lingkaran) dan transformasi geometri (dilatasi dan refleksi). Temuan ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika untuk membantu siswa memahami konsep abstrak melalui konteks budaya.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Anggreaena, Ginanto, Felicia, Andiarti, Herutami, Alhapip, Iswoyo, Hartini, M. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 123.
Daimah, U. S. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. Sepren: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(02), 131–139. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i02.888
Fianingrum, F., Novaliyosi, N., & Nindiasari, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4507
Fitri, I. (2024). Eksplorasi Etnomatematika dalam Kebudayaan Tujuh Likoran di Kabupaten Sambas. Math Educa: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 1–12.
Fouze, A. Q., & Amit, M. (2018). Ethnomathematics: A bridge between cultural traditions and modern society. International Journal of Engineering Pedagogy, 8(4), 53–63.
Halilintar, M. D., Wijayanto, H., & Noviantoro, H. T. (2019). The Music of Glass Plate Dance in Silampari Studio of Musi Rawas Regency (The Melodic Element Analysis), 78–83. https://www.atlantis-press.com/proceedings/iconarc-18/125911166
Hayu, E., Saragih, S., & Kartini, K. (2023). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Segiempat dan Segitiga SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3006–3017. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2633
Kemendikbud. (2020). Kurikulum Merdeka Belajar: Pengembangan kurikulum baru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lubis, A. P., Sirait, C. D., Mailani, E., Purba, L. C. M., Ketaren, M. A., & Maharaja, S. (2024). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Penguatan Nilai Budaya. https://journal.arimsi.or.id/index.php/Algoritma/article/view/242/420
Lubis, S. I., Mujib, A., & Siregar, H. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.246
Muslimahayati, M., & Wardani, A. K. (2019). Implementasi Etnomatematika Masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Elemen, 5(2), 108–124. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.957
Nursila, R., Saputri, S. N., & Zulkarnain, Z. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Materi Geometri pada Motif Kain Songket Melayu Pontianak. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.24260/add.v2i1.1594
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Ayuni, F., Hafizha, F. Z., Fireli, P., & Devi, R. (2023). Kesiapan Sekolah dalam Proses Penerapan Kurikulum Merdeka di SD. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 3161–3172.
Serepinah, M., & Nurhasanah, N. S. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau dari Perspektif Pendidikan Multikultural. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157
Wike, W., & Lestari, W. (2021). Pewarisan Tari Piring Gelas Musi Rawas bagi Penanaman Nilai Pendidikan Karakter di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Sitakara, 6(2), 132–143.
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17697
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.