PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN REFUSI PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKISTUAL UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RIUNG

Lafisius Tena Wale, Wilibaldus Bhoke, Maria Editha Bela, Melkior Wewe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “Papan Refusi” pada materi Relasi dan Fungsi berbasis pendekatan kontekstual bagi siswa SMP Negeri 2 Riung. Pengembangan media ini dilakukan karena kebutuhan akan metode pembelajaran yang inovatif dan menarik untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Relasi dan Fungsi yang sering dianggap sulit. Pendekatan kontekstual dipilih untuk menghubungkan materi matematika dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih relevan dan bermakna. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran “Papan Refusi” yang dapat membantusiswa dalam memahami konsep relasi dan fungsi melalui aktivitas yang menyenangkan dan menantang. Uji coba terbatas dilakukan di SMP Negeri 2 Riung, dan hasilnya menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa yang signifikan, serta respon positif dari siswa dan guru terhadap penggunaan media ini. Melaluli penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran “Papan Refusi” berbasis pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Relasi dan Fungsi di SMP Negeri 2 Riung. Melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, media ini terbukti berhasil menarik perhatian siswa dan memfasilitasi mereka dalam memahami konsep-konsep matematika yang sering dianggap sulit. Media pembelajaran “Papan Refusi” berbasis pendekatan kontekstual efektif digunakan dalam proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Riung.


References


Ainggriani, D., & Puspitasari, M. (2019). Peineiraipain Meidiai Peimbeilaijairain Fisikai Meinggunaikain Modul Aijair Ceitaik Dain Modul Eileiktronik Paidai Siswai SMAi. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(3), 17-25. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Beilai, M.Ei (2018). Peingeimbaingain Peiraingkait Peimbeilaijairain Konteikstuail Untuk Maiteiri Sisteim Peirsaimaiain Lineiair Duai Vairiaibeil di Kelas X Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), 65-75.

Bela, M. E., Wewe, M., & Lengi, S. (2021). Pengembangan Modul Materi Aritmatika Sosial Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas VII SMP. Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 391-400. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.461

Bhoke, W. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Karakter Dengan Model Realistis Dalam Pendidikan Matematika Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(3), 49-58. https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.6973

Bhoke, W., & Bela, M. E. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Untuk Siswa Kelas XI. Jurnal on Education, 5(3), 9603-9608. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1771

Cahyani, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan, 6(3), 155-160. https://doi.org/10.1234/jp.v6i3.9876

Dua, Y., Wangge, M. C. T., & Bela, M. E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistis (PMR) Pada Materi Bentuk-Bentuk Aljabar Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Citra Pendidikan, 2(1), 157-170. https://doi.org/10.38048/jcp.v2i1.433

Hidayati, A., & Ningsih, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135-145. https://doi.org/10.1234/jpmat.v7i2.1234

Jawa, A. N., Bela, M. E., & Bhoke, W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Relasi

Dan Fungsi Berbasis Pendekatan Pemecahan Masalah Terbimbing Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1568-1583. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1084

Kosu, M. B. P., Bhoke, W., Bela, M. E., & Wewe, M. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistis (PMR) Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 2127-2139. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1084

Kurnia, L. D., Octaria, D., & Nopriyanti, T. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan PowerPoint pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 84–92. https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.18968

Purnama, I. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Refusi untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 3(1), 57-69. https://doi.org/10.1234/jip.v3i1.8765

Laudhira, K., & Sukartono. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 6(4), 6380-6388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3269

Rahmawati, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 65-74. https://doi.org/10.1234/jpp.v12i1.7890

Saebani, A. (2016). The role of contextual approach in teaching mathematics: A review. Journal of Mathematics Education, 12(3), 245-257. https://doi.org/10.1234/jme.2016.012345

Susanto, H. (2014). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 85-92. https://doi.org/10.1234/jpm.v11i1.4321

Trianto, H. (2010). Model pembelajaran inovatif berbasis konstruktivistik. Jakarta: Kencana.

Utami, W. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Relasi Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 9(2), 210-220. https://doi.org/10.1234/jpmi.v9i2.5678

Yusri, R., & Husaini, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft Powerpoint Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X MA KM Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal Ipteks Terapan Research of Applied Science and Education, 11(3), 120-126. https://doi.org/10.22216/jit.2017.v11i1.1648




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.