UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR NUMERASI MELALUI METODE PROBLEM-BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN DAMU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan numerasi siswa dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning atau PBL) pada peserta didik kelas V di SDN Damu. Penelitian memanfaatkan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang diselenggarakan dalam tiga siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas V SDN Damu, dengan jumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil kajian ini memperlihatkan bahwa pengaplikasian metode pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) mampu menaikkan keterampilan numerasi peserta didik. Fakta tersebut didukung oleh hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata skor nilai 51,06 dengan peserta didik mencapai ketuntasan 52% atau 12 siswa kemudian meningkat pada siklus II dengan presentase 75% atau 17 siswa yang tuntas dan memperoleh rata-rata 82,17, dan motivasi belajar siswa juga meningkat. Sebagai kesimpulan, dapat dikatakan bahwasanya model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) efektif dalam meningkatkan keterampilan numerasi peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Prenada Media.
Amarofah, S., Mastur, Z., & Sugilar, S. (2022). Keefektifan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Keguruan, 8(1), 129-138.
Anu, M. K., & Bhoke, W. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Numerasi Melalui Metode Problem-Based Learning Pada Peserta Didik Kelas VI Uptd SD Negeri Damu. Jurnal Citra Magang dan Persekolahan, 1(3), 113-123.
Ayuningsih, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 94-99. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1351
Bela, M. E., Coo, P., Bhoke, W., & Hari, C. L. (2024). Increasing Literacy and Numeracy and Adapting Technology Through the Campus Teaching Program. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 103-115. https://doi.org/10.30997/dt.v11i1.12957
Bha, Y. A., Bela, M. E., & Wangge, M. C. T. (2024). Implementasi Program Kerja Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Kemampuan Literasi dan Numerasi di SD Inpres Rawe. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8136-8142. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4927
Cahyo, R. N., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 28-32.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mercumatika. 3 (2): 71-78. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93-103. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan literasi numerasi dan literasi digital peserta didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709-716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030
Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 3(2), 463-471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325.
Harefa, N., & Silalahi, N. F. D. (2020). Improvement of student’s learning outcomes and motivation with chemical practicum e-module. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(1), 10-19. https://doi.org10.24114/jpkim.v12i1.17708
Islam, M. N., Sumarmi, S., Putra, A. K., Sugiyati, P., & Salsabilah, S. (2021). The effect of interactive blended-problem based learning assisted virtual classroom on critical thinking skills of students of the society era 5.0. Jurnal Geografi Gea, 21(2), 135-146. https://doi.org/10.17509/gea.v21i2.38862.
Jogo, H., Wewe, M., & Bela, M. E. (2024). Improve Numerical Literacy Through the Calistung Program in High School Students. JPP, 31(1). 11-17. https://doi.org/10.17977/jpp.v31i1.51031
Kusherawati, L., Windyariani, S., & Setiono, S. (2020). Profil Sikap Ilmiah Siswa Kelas Viii Smp, Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Laboratory Experiment Method (Gilem). Biodik, 6(2), 168–175. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V6i2.9307
Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342-3351. Https://doi.Org/10.31004/basicedu.v5i5.1341
Marliyani, T., & Iskandar, S. (2022). Program Sekolah Penggerak (Psp) Terhadap Kinerja Dan Manajemen Kepala Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(4), 6679–6685. Https://doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3255
Mumpuni, A., Azizah, S., Rahma, S. A., Utami, D., Safitri, N. I., Tiana, F. A., ... & Pratama, A. A. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 8-14. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.748
Ngao, P., Bela, M. E., Wangge, M. C., & Bhoke, W. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Calistung untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa. SIGMA : Jurnal Pendidikan MAtematika, 16 (2), 557-570. https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16487
Novialiswati, T., & Hamdani, A. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 163–185. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.55660
Purnamawati, P., Arfandi, A., & Nurfaeda, N. (2019). The level of use of information and communication technology at vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3). https://doi.org/10.21831/jpv.v9i3.27117
Rachmawati. (2023). Kajian literatur: kemampuan numerasi pada perkembangan peserta didik di lingkungan sekolah. Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains, 2 (1), 7-14. https://doi.org/10.28989/cakrawala.v1i2.145
Ratnathatmaja, I. M., & Sujana, I. W. (2022). Video Pembelajaran Interaktif Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS. Journal for Lesson and Learning Studies 5(1), 127–135. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.46605.
Rauf, I., Arifin, I. N., & Arif, R. M. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pedagogika, 6(2), 163–183. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i2.1354.
Sari, A. M. S. A. M., Lian, B., & Dedy, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 87 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 6700-6710. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10390
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Syakur, A. S., Purnamasari, R., & Kurnia, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 84-89.
Wulandari, F., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2841-2847. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1308
Yandhari, I. A., Alamsyah, T. P., & Halimatusa’diah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146-152. http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7530
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.