POWERPOINT INTERAKTIF: BAGAIMANA MINAT MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN MATEMATIKA DISKRIT?

Depriwana Rahmi, Annisah Kurniati, Suci Yuniati

Abstract


Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya minat belajar mahasiswa adalah metode pengajaran yang dilakukan dosen. Inovasi pengajaran di kelas seharusnya dilakukan supaya dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar mahasiswa dalam perkuliahan matematika diskrit yaitu pada materi kombinatorik dan peluang diskrit dengan menggunakan powerpoint interaktif. Jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Mahasiswa semester tiga yang terlibat dalam pengisian angket sebanyak 21 mahasiswa. Teknik pengumpulan data melalui angket dalam bentuk google form dan dokumentasi. Angket bersifat tertutup dan terstruktur yang mana mahasiswa menjawab pernyataan mengenai apa saja yang dialami selama perkuliahan berlangsung dengan menggunakan powerpoint interaktif. Analisis data melalui 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar mahasiswa meningkat melalui pengajaran dengan powerpoint interaktif.  Mahasiswa merasa senang dan lebih aktif di kelas karena materi yang disampaikan menjadi sangat jelas dan mudah dipahami. Dengan demikan pengajaran seperti ini dapat dijadikan pedoman bagi dosen untuk merancang pembelajarannya di kelas dengan materi yang lebih luas.


Keywords


powerpoint interaktif; minat; matematika diskrit

References


Afrilia, L., Neviyarni, Arief, D., & Amini, R. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 710–721. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2559

Annur, M. F., & Hermansyah, H. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2544

Bagus, T. (2019). Pengembangan Program Microsoft Office Power Point Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Naskah Publikasi Program Studi Matematiika. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7099/

Budianti, Yudi, Rima Rikmasari, and Dita Aditya Oktaviani. 2023. Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 7(1): 127. http://doi:10.24036/jippsd.v7i1.120545

Cahyana, A. D., & Kosasih, E. (2020). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran untuk Jenjang SD di Saluran Youtube Ruangguru dan Labedu Channel. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), Article 4. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.25827

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish.

Deria, Monica Desy, & Duhita Savira Wardani. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuaan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan. 1(2): 148–56. http://doi:10.22460/jpp.v1i2.12283

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Fatimah, A. E., Wahyuni, F., & Fitriani, F. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa melalui Model Project Based Learning. Journal of Didactic Mathematics, 3(3). https://doi.org/10.34007/jdm.v3i3.1600

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11

Hikmah, S. N., & Maskar, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Powerpoint Pada Siswa SMP Kelas VIII Dalam Pembelajaran Koordinat Kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 15–19. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.215

Kamil, P. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia dengan Menggunakan Media Power Point dan Media Torso. Bioedusiana, 4(2), 64–68. https://doi.org/10.34289/277901

Karmelia, M., Monalia, M., Hakiki, I. D., Rahmi, K. A., Putri, W. W. P. S., Siregar, P. S., & Marta, E. (2021). Media Berbasis PPT terhadap Pembelajaran Matematika di SD Kelas Tinggi. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1), 165–172. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.34590

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Matthew B. Miles, A. M. H. (2009). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. UI Press.

Munir, R. (2020). Pengantar Matematika Diskrit. Jakarta

Nuranggraeni, E., Effendi, K. N. S., & Sutirna, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kesulitan belajar siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 6(2). https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.2066

Nurkhodri, M., & Dafit, F. (2022). Development of Powerpoint-Based Interactive Media on Theme 8 Subtheme 1 in Elementary School. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 329–339. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.51217

Prasetio, W. E. (2022). Pemanfaatan Media Power Point untuk Kegiatan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT).

Rahmatullah, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan,12(2), 37-45.

Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMPN 30 Makassar. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10347

Saputro, T. A., Kriswandani, K., & Ratu, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas VII. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.219

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyarto, U. S., Wulandari, Y., & Casworo, A. (2021). Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 118–123. https://doi.org/10.37301/jcp.v0i0.44

Supit, D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point dan Minat Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Advent UNKLAB. CogITo Smart Journal, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.31154/cogito.v7i2.352.447-459

Triyono, T., Retnasari, L., & Supriyadi, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Media PowerPoint Bagi Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. https://eprints.uad.ac.id/21574/

Utami, P. P., Vioreza, N., & Yunaika, W. (2018). Analisa Pola Perilaku Kontraproduktif Guru di SMA Negeri se-Kota Bekasi. Visipena, 9(1), 47-66, 9(1), 47–66. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.429

Wahyuni, D. Q., & Ananda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1294

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92

Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran dalam Hybrid Learning. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.34

Zambrano, J., Marchand, P., & Swenson, N. G. (2017). Local Neighbourhood and Regional Climatic Contexts Interact to Explain Tree Performance. Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences, 284. https://doi.org/10.1098/rspb.2017.0523




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.16587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.