IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(1), 39-46. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i1.765
Andesma, T., & Anggraini, R. D. (2019). Penerapan PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X TKR 1 SMK Muhammadiyah 1 pekanbaru. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 2(1), 12-18. https://doi.org/10.33578/prinsip.v2i1
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82-91. https://doi.org/10.30736/theorems.v1i2.384
Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Fitriani, I. (2018). Peranan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 841-846. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i2.31
Hesti, Feri. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI MIA 3 Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 (1), 759-771. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.419
Kurniawan, A., Juliangkary, E., Pratama, M. Y., & Saputra, I. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fungsi. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 7(1), 72-82. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1679
Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN dengan Menggunakan Metode Open Ended di Bandung Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178-186. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 170. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644
Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65-73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12
Pauweni, K. A., & Iskandar, M. E. B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 8(1), 23-28. https://doi.org/10.34312/euler.v8i1.10372
Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82-90. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i2.2007
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.391
Suryawan, H. P. (2021). Pemecahan Masalah Matematis. Sanata Dharma University Press.
Wildaniati, Y., Santoso, A., & Dewi, R. S. I. (2024). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 12-26. https://doi.org/10.32332/elementary.v10i1.9015
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51-62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.474
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16348
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.