IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

Sherly Fitri Rahmadhani, Susda Heleni, Putri Yuanita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII-1 SMP Taruna Sakti Pekanbaru yang berjumlah 25 peserta didik. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga pertemuan. Instrumen penelitian terdiri dari perangkat pembelajaran yang berisi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar. Instrumen pengumpulan data berupa lembar pengamatan aktivitas guru dan peserta didik, serta lembar tes KPMM. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengamatan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PBL dapat memperbaiki proses pembelajaran dan dapat meningkatkan KPMM peserta didik kelas VIII-1 SMP Taruna Sakti Pekanbaru. Peningkatan KPMM peserta didik dapat dilihat dari analisis KPMM secara klasikal. Pada rata-rata nilai kemampuan awal KPMM peserta didik sebelum tindakan adalah 39,76. Rata-rata nilai KPMM peserta didik pada siklus I adalah 61,12. Rata-rata nilai KPMM peserta didik pada siklus II adalah 75,06. Rata-rata nilai KPMM peserta didik pada siklus I 21,36 lebih tinggi dari rata-rata nilai tes awal. Sedangkan rata-rata KPMM peserta didik pada siklus II 13,94 lebih tinggi dari rata-rata nilai siklus I. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model PBL dapat memperbaiki proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII-1 SMP Taruna Sakti Pekanbaru semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 pada konten Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).

Keywords


problem based learning; kemampuan pemecahan masalah matematis; SPLDV

References


Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(1), 39-46. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i1.765

Andesma, T., & Anggraini, R. D. (2019). Penerapan PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X TKR 1 SMK Muhammadiyah 1 pekanbaru. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 2(1), 12-18. https://doi.org/10.33578/prinsip.v2i1

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82-91. https://doi.org/10.30736/theorems.v1i2.384

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Fitriani, I. (2018). Peranan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 841-846. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i2.31

Hesti, Feri. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI MIA 3 Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 (1), 759-771. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.419

Kurniawan, A., Juliangkary, E., Pratama, M. Y., & Saputra, I. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fungsi. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 7(1), 72-82. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1679

Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN dengan Menggunakan Metode Open Ended di Bandung Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178-186. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 170. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65-73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12

Pauweni, K. A., & Iskandar, M. E. B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 8(1), 23-28. https://doi.org/10.34312/euler.v8i1.10372

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82-90. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i2.2007

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.391

Suryawan, H. P. (2021). Pemecahan Masalah Matematis. Sanata Dharma University Press.

Wildaniati, Y., Santoso, A., & Dewi, R. S. I. (2024). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 12-26. https://doi.org/10.32332/elementary.v10i1.9015

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51-62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.474




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.