PENGEMBANGAN SOAL AKM LITERASI NUMERASI UNTUK PESERTA DIDIK FASE D

Ulpha Mega Pratiwi, Hepsi Nindiasari

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitannya siswa dalam mengasah keterampilan literasi numerasi dijenjang menengah, juga rendahnya kemampuan literasi numerasi yang dimiliki peserta didik di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan naskah soal literasi numerasi konteks saintifik peserta didik fase D dalam hal ini siswa kelas 9 disalah satu SMP dikota Tanggerang. Penelitian ini Menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian riset dan pengembangan dengan medel ADDIE dalam pelaksanannya yaitu 5 tahapan Analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap Implementasi dan terakhir tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitiaan ini berupa wawancara, angket dan instrumen tes soal literasi numerasi yang telah dikembangkan. Instrumen literasi numerasi yang dikembangkan dalam konteks scientific layak dan praktis, namun soal-soal tersebut tidak terbukti efektif dalam penggunaannya. Dengan kata lain, meskipun soal tersebut memenuhi kriteria kelayakan dan dapat diterapkan dalam konteks pembelajaran, mereka tidak memberikan hasil yang optimal dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.


Keywords


Literasi Numerasi, Pengembangan, Scientifik

References


Al-washliyah, U. M. N. (2023). PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS VIDEO YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN. 5(2), 691–703.

Amelia, S., Widiati, I., & Yadrika, G. (2023). Pengembangan Soal Numerasi Untuk Peserta Didik Fase D. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3048. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7236

Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi Rawas. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 95–104. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5950

Asyari, A., Saputra, E., Wulandari, W., Nuraina, N., & Listiana, Y. (2024). Pengembangan soal literasi numerasi berbantuan quizizz dengan menggunakan konteks sosial budaya kota tebing tinggi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 285–296. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.21648

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Ermiana, I., Umar, Khair, B. N., Fauzi, A., & Sari, M. P. (2021). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sd Inklusif Dalam Memecahkan Soal Cerita. Journal of Elementary Education, 04(6), 895–905.

Hanifah, N., Studi, P., & Konseling, B. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal Dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa Dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. SOSIO e-KONS, 6(1), 41–55.

Harjanta, A. T. J., & Herlambang, B. A. (2018). Rancang Bangun Game Edukasi Pemilihan Gubernur Jateng Berbasis Android Dengan Model ADDIE. Jurnal Transformatika, 16(1), 91.

https://doi.org/10.26623/transformatika.v16i1.894

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021a). 2. Evaluasi kep. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021b). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86–100.

Pujana, L. A., Dwijayanti, I., & Siswanto, J. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Clis Seri Akm Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 589–604. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6565

Putri, gloria yohana. (2020). Implementasi Model Pembelajaran ADDIE Pada Aplikasi Game Truth or Dare Untuk meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Bermusik Siswa SMA. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.

Rosyada, A., Priatmoko, S., Susilaningsih, E., & ... (2023). Pengembangan Soal AKM Literasi Membaca & Numerasi Terintegrasi HOTS Materi Laju Reaksi. Chemistry in Education, 12(2), 180–188. https://journal.unnes.ac.id/sju/chemined/article/view/69687

Septia, T., Veftia, D., Putri D, V., Sulthoni, A. S., Anggaraini, L., Studi, P., Matematika, T., Al-Qolam, I., Raya Putat, J., & Gondanglegi, L. (2023). Pengembangan Soal AKM Numerasi Untuk Peserta Didik Tingkat SMA. CONSISTAN: Jurnal Tadris Matematika, 1(01), 22–29.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Susetyawati, M. E. (2022). Pengembangan butir soal kemampuan literasi numerasi matematika materi bangun ruang kelas viii smp di yogyakarta. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 2(2), 52–61.

V. Wiratna Sujarweni. (2014). Metodologi Penelitian. PT. Rineka Cipta, Cet.XII)an Praktek, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, Cet.XII), 107.

Zainuddin Iba, A. W. (2023). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.15322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.