PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BALANIPA

Radiah Radiah, Murtafiah Murtafiah, Herna Herna

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah merupakan hal penting dalam matematika. Namun, faktanya saat ini kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning bernuansa etnomatematika lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan sampling jenuh dimana kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan SPSS for windows. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning bernuansa etnomatematika berada pada kategori sangat tinggi sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung berada pada kategori sedang. Kemudian hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning bernuansa etnomatematika lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learning bernuansa etnomatematika dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Keywords


Problem Based Learning; Etnomatematika; Kemampuan Pemecahan Masalah

References


Abdullah, D. I., Mastur, Z., & Sutarto, H. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme

Cahyadi, W., Faradisa, M., Cayani, S., & Syafri, F. S. (2020). Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(2), 157. https://doi.org/10.29240/ja.v2i2.2235

Fatmawati, Fanny, and Murtafiah Murtafiah. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI Sma Negeri 1 Majene. Saintifik 4(1):63–73. doi: 10.31605/saintifik.v4i1.145.

Finariyati, F., Rahman, A. A., & Amalia, Y. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik. Maju, 7(1), 89– 97.

Geni, P. R. L., Mastur, Z., & Hidayah, I. (2017). Kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran problem based learning bernuansa etnomatematika ditinjau dari gaya kognitif. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 11–17.

Herlambang, Y. T. (2018). Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Khairunnisa, Luthfiyah, Adi Satrio Ardiansyah, and Hery Sutarto. (2022). Pengembangan E-Comic Matematika Bermuatan Etnomatematika Kabupaten Klaten Pada Materi Aritmetika Sosial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (SandikaIV) 4(1):499–508.

Mullis, I. V., Maartin, M. O., & Foy, P. AA (2015). Timss 2015 International Results in Science Saved. Distribution of Science Achievement. http://timss2015.org/timss-2015/science/student- achievement/distribution-of-science-achievement/

Nisak, K., & Istiana, A. (2017). Pengaruh pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 91–98. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.2540

PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–9. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS berbasis PMRI menggunakan konteks etnomatematika pada materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.870

Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.471

Simamora, Yumira, Minta I. T. O. Simamora, and Kiki Andriani. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematik Siswa Smp the Effect of Ethnomatematics-Based Problem Based Learning ( Pbl ) Models To Improve the Mathematical Numeracy Literacy. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS) Vol.” 8(2):532–38.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran treffinger berbantuan permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 48–55. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.773

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Murtafiah Murtafiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.