PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BALANIPA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Abdullah, D. I., Mastur, Z., & Sutarto, H. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme
Cahyadi, W., Faradisa, M., Cayani, S., & Syafri, F. S. (2020). Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(2), 157. https://doi.org/10.29240/ja.v2i2.2235
Fatmawati, Fanny, and Murtafiah Murtafiah. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI Sma Negeri 1 Majene. Saintifik 4(1):63–73. doi: 10.31605/saintifik.v4i1.145.
Finariyati, F., Rahman, A. A., & Amalia, Y. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik. Maju, 7(1), 89– 97.
Geni, P. R. L., Mastur, Z., & Hidayah, I. (2017). Kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran problem based learning bernuansa etnomatematika ditinjau dari gaya kognitif. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 11–17.
Herlambang, Y. T. (2018). Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Khairunnisa, Luthfiyah, Adi Satrio Ardiansyah, and Hery Sutarto. (2022). Pengembangan E-Comic Matematika Bermuatan Etnomatematika Kabupaten Klaten Pada Materi Aritmetika Sosial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (SandikaIV) 4(1):499–508.
Mullis, I. V., Maartin, M. O., & Foy, P. AA (2015). Timss 2015 International Results in Science Saved. Distribution of Science Achievement. http://timss2015.org/timss-2015/science/student- achievement/distribution-of-science-achievement/
Nisak, K., & Istiana, A. (2017). Pengaruh pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 91–98. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.2540
PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–9. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS berbasis PMRI menggunakan konteks etnomatematika pada materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.870
Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.471
Simamora, Yumira, Minta I. T. O. Simamora, and Kiki Andriani. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematik Siswa Smp the Effect of Ethnomatematics-Based Problem Based Learning ( Pbl ) Models To Improve the Mathematical Numeracy Literacy. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS) Vol.” 8(2):532–38.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran treffinger berbantuan permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 48–55. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.773
Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14744
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Murtafiah Murtafiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.