PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Arofah, M. N., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Lingkaran di Kelurahan Muarasanding. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(September), 421–434.
Chilmiyah, S. M. (2014). Kemampuan Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika (The Thinking Ability Of Students In Solving Mathematics Story Problems). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(2), 237–248.
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Difinubun, F. A., Makmuri, & Hidajat, F. A. (2022). Analisis Kebutuhan Modul Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK Kelas X. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 853–864. https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.38
Istigosah, H., & Noordyana, M. A. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau gaya kognitif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 149–160. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2227
Kanah, I., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan Komunikasi dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 255–264. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1825
Lestari, A. Bu., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Kampung Cibogo Pada Materi SPLDV. SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 13(2), 92–102.
Lestari, A. R. A., Minggi, I., & Qadry, I. K. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Prosedur Newman. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 11(2), 122–129.
Mulyaningsih, D., Utami, R. E., & Muhtarom. (2021). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 03(06), 457–464.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In National Council of Teacher of Mathematics.
Nirmalitasari, O. S. (2012). Profil Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Open-Start Pada Materi Bangun Datar. MATHEdunesa, 1(1), 1–8.
Nisa, S. B., & Manoy, J. T. (2022). Profil Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 59–66.
Özsoy, G., Kuruyer, H. G., & Çakiroğlu, A. (2015). Evaluation of students’ mathematical problem solving skills in relation to their reading levels. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(1), 581–600.
Polya, G. (1973). How to Solve It (2nd ed.). Princeton, New Jersey: Princeton University Press.
Saparwadi, L., & Cahyowatin, C. (2018). Proses Pemecahan Masalah Matematka Siswa Berkemampuan Tinggi Berdasarkan Langkah Polya. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 99–110. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2111
Susilo, C. Y., Utami, R. E., Rasiman, & Suprihatin. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Smk Kelas X Pada Materi Statistika Ditinjau Dari Gaya Belajar. ELIPS: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4(2), 192–201. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/854%0Ahttp://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/download/854/543
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14555
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Saiful Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.