TINGKATAN MATH ANXIETY SISWA SMP BERDASARKAN GENDER

Muhammad Aqil Juniardi, Depriwana Rahmi, Suci Yuniati, Annisah Kurniati

Abstract


Penelitian ini memiliki fokus utama untuk mengeksplorasi perbedaan tingkat math anxiety atau kecemasan dalam matematika siswa jenjang Pendidikan SMP berdasarkan jenis kelamin atau dikenal dengan gender. Metode deskriptif kuantitatif digunakan sebagai metode penelitian, dengan mengambil 30 siswa yang berasal dari kelas IX sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan angket math anxiety yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data angket math anxiety siswa digunakan untuk menghitung tingkat kecemasan matematis siswa berdasarkan klasifikasi kategori math anxiety dan menggunakan uji independent sample t-test dalam menganalisis math anxiety berdasarkan gender. Hasil penelitian diperoleh dari 37% siswa mengalami tingkat math anxiety tinggi. Sedangkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa antara tingkat math anxiety siswa laki-laki dan perempuan menunjukkan tidak ada perbedaan atau perubahan yang signifikan melalui uji independent sample t-test dengan nilai t yaitu 1,032 dan nilai sig. 0,311 > 0,05. Penelitian ini dapat menjadi rekomendasi sebagai landasan pertimbangan dalam mengembangkan proses belajar mengajar yang efisien dan efektif sesuai dengan karakteristik siswa SMP/Sederajat.


Keywords


Matematika; Kecemasan Matematis; Gender

References


Amalia, P., & Surya, E. (2017). The Analysis of Math Anxiety Students in X Grade Smk. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 217–224.

Dowker, A., Sarkar, A., & Looi, C. Y. (2016). Mathematics anxiety: What have we learned in 60 years? Frontiers in Psychology, 7(APR). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.00508

Gabriel, F. (2022). Maths anxiety – and how to overcome it. Significance, 19(1), 34–35. https://doi.org/10.1111/1740-9713.01612

Hakim, N. R., & Adirakasiwi, G. A. (2021). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 809–816. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.809-816

Irvine, J. (2020). Positively Influencing Student Engagement and Attitude in Mathematics Through an Instructional Intervention Using Reform Mathematics Principles. Journal of Education and Learning, 9(2), 48. https://doi.org/10.5539/jel.v9n2p48

Jayantika, I. G. A. N. . (2020). (Math Anxiety) Tingkat Kecemasan Matematis dilihat dalam Perbedaan Gender. KMahasaraswati Seminar

Nasional Pendidikan Matematika (MAHASENDIKA) . IKIP PGRI Bali., 159–163.

Justicia-Galiano, M. J., Martín-Puga, M. E., Linares, R., & Pelegrina, S. (2023). Gender stereotypes about math anxiety: Ability and emotional components. Learning and Individual Differences, 105(May). https://doi.org/10.1016/j.lindif.2023.102316

Mahendra, I. W. E., Jayantika, I. G. A. N. T., & Sulistyani, N. W. R. (2019). HOTS-Speed Test untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Analisis Peserta didik. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 93–101. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3772

Mahmood, S., & Khatoon, T. (2011). Development and Validation of the Mathematics Anxiety Scale for Secondary and Senior Secondary School Students. British Journal of Arts and Social Sciences, 2(2), 169–179.

Maloney, E. A., & Beilock, S. L. (2012). Math anxiety: Who has it, why it develops, and how to guard against it. Trends in Cognitive Sciences, 16(8), 404–406. https://doi.org/10.1016/j.tics.2012.06.008

Maloney, E. A., Ramirez, G., Gunderson, E. A., Levine, S. C., & Beilock, S. L. (2015). Intergenerational effects of parents’ math anxiety on children’s math achievement and anxiety. Psychological Science, 26(9), 1480–1488. https://doi.org/10.1177/0956797615592630

Mega Putri. (2020). A Analisis Tingkat Kecemasan Matematika Siswa SMA/Sederajat Berdasarkan Gender. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(02), 42–47. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i02.800

Nahdi, D. S. (2019). KETERAMPILAN MATEMATIKA DI ABAD 21. 5(2), 133–140.

Nofrialdi, I., Maison, M., & Muslim, M. (2018). Tingkat Kecemasan Matematika Siswa SMA Negeri 2 Kerinci Kelas X MIA Sebelum Menghadapi Tes Matematika Berdasarkan Gender dan Hubungannya dengan Hasil Belajar. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 11. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.248

Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367

Putri, F. M., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Tarbiyah, F., & Batusangkar, M. Y. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Nageri 12 Baruh-Bukit Factors Causing the Low Interest of Students in Learning Mathematics Class VI elementary School Nageri 12 Baruh-Bukit. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 66–77.

Rozgonjuk, D., Kraav, T., Mikkor, K., Orav-Puurand, K., & Täht, K. (2020). Mathematics anxiety among STEM and social sciences students: the roles of mathematics self-efficacy, and deep and surface approach to learning. International Journal of STEM Education, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00246-z

Rubinsten, O., Bialik, N., & Solar, Y. (2012). Exploring the relationship between math anxiety and gender through implicit measurement. Frontiers in Human Neuroscience, 6(SEPTEMBER), 1–11. https://doi.org/10.3389/fnhum.2012.00279

Sari, M. N., Herlina, E., & Huda, U. (2021). Differences in Mathematics Anxiety and Mathematics Connection Ability in Gender Perspective. AGENDA: Jurnal Analisis Gender Dan Agama, 3(1), 52. https://doi.org/10.31958/agenda.v3i1.2609

Szczygieł, M. (2020). When does math anxiety in parents and teachers predict math anxiety and math achievement in elementary school children? The role of gender and grade year. In Social Psychology of Education (Vol. 23). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s11218-020-09570-2

Tomigolung, S., & F Tauran, S. (2021). Analisis Terhadap Math Anxiety Siswa SMP berdasarkan Gender pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Padegogik, 4(2), 52–59. https://doi.org/10.35974/jpd.v4i2.2538

Wahid, S. N. S., Yusof, Y., & Razak, M. R. (2014). Math Anxiety among Students in Higher Education Level. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 123(March), 232–237. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1419

Wijaya, R., Fahinu, F., & Ruslan, R. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika dan Gender Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematika Siswa SMP Negeri 2 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 173. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5867




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.