DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN BERSUSUN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Nuraziza Rahmah, Nurjannah Nurjannah

Abstract


This study aims to diagnose the learning difficulties of multilevel division arithmetic operations in fifth grade students at SD IT Wahdah Islamiyah Sinjai. This research is qualitative research with the subject of this research namely 3 students from class V at SD IT Wahdah Islamiyah Sinjai. The instruments used in this study were diagnostic tests and interview guidelines. For data collection, the technique used consisted of three parts, namely making observations, interviews, and documentation. As well as the analysis of the data used in the research, namely, data reduction, presenting data, and drawing conclusions. From the results of the study, it was concluded that the difficulties experienced by students were a lack of understanding of the concepts of tiered division, they were still weak in remembering multiplication and their haste in solving problems which resulted in students being less thorough. Therefore, the teacher must ensure that students understand and master the prerequisites of the division operation and provide lots of practice to students and provide tips or apply fun learning so that students feel comforTabel and can generate interest in learning mathematics.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis kesulitan belajar operasi hitung pembagian bersusun pada siswa kelas V SD IT Wahdah Islamiyah Sinjai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian ini yaitu 3 orang siswa dari kelas V di SD IT Wahdah Islamiyah Sinjai. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik dan pedoman wawancara. Adapun dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan terdiri dari tiga bagian, yaitu melakukan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kesulitan yang dialami oleh siswa yaitu kurangnya pemahaman terhadap konsep-konsep pembagian bersusun, masih lemah dalam mengingat perkalian dan sifat tergesah-gesah dalam menyelesaikan soal yang mengakibatkan siswa kurang teliti. Oleh karena itu, guru harus memastikan bahwa siswa telah memahami dan menguasai prasyarat dari operasi pembagian dan memberikan banyak latihan kepada siswa serta memberikan tips-tips atau menerapkan pembelajaran yang menyenangkan agar siswa merasa nyaman dan dapat membangkitkan minatnya dalam belajar matematika.


Keywords


Diagnostik; Kesulitan Belajar; Pembagian

Full Text:

PDF

References


Amelia, R., & Mustika, D. (2022). Kesulitan Belajar Operasi Hitung pada Siswa KelasIV SDN 84 Pekanbaru. Primary, 11, 1430–1441. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9193

Apriani, C., & Saputro, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar. SIGMA : Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 92–100. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9193

Derek, D. A. F., Maqfirah, Z., Afyan, N., & Nurjannah, N. (2022). Diagnostik Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas XI Multimedia SMKN 2 Sinjai. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47435/jtmt.v3i1.1004

Fariana, A. N., Nahli, N. M., Herdiawal, H., Fuadi, A., & Nurjannah, N. (2022). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi FPB & KPK Kelas V SD Negeri. Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 7(2), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.47435/jpdk.v7i2.995

Fatahillah, A. M., Mustamir, & Nurjannah. (2021). Keefektifan Aplikasi Macromedia Flash Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kelas X SMKN 1 Sinjai. Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(1), 1–6. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v13i1.571

Fitriani, F., & Nurjannah, N. (2019). Peranan E-Learning dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal on Pedagogical Mathematics, 1(2), 102–110. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/pedamath/article/view/371

Ilyas, A., Folastri, S., & Solihatun, S. (2020). Diagnostik Kesulitan Belajar dan Pembelajaran Remedial (A. Sofyan (Ed.)). Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Indah, P. J., Saputro, B. A., & Sundari, R. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Pada Masa Pandemi (Covid-19) di Sekolah Dasar.

Ismunandar, A. A., Suriyati, S., & Nurjannah, N. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Mengembangkan Self Efficacy Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 20 Sinjai. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.56921/jumper.v2i1.52

Mabruria, A. (2021). Konsep Diagnosis Kesulitan Belajar dalam Proses Pembelajaran. Muhafadzah, 1(2), 80–92. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v1i2.429

Mulyadi. (2018). Diagnosis Kesulitan Belajar Di Sekolah. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(1), 18–23.

Mutahharah, A., Dewi, D., Nurfadhilah, N., & Nurjannah, N. (2022). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Limit Fungsi Aljabar Kelas Xi Mipa 2 Upt Sma Negeri 1 Sinjai. ELIPS: Jurnal …, 3(September), 1–9. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/download/531/332

Nurjannah, N., Danial, D., & Fitriani, F. (2019). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 3(1), 68–79. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.340

Prianto, P. N. A., Cahyadi, F., & Listyarini, I. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Materi Operasi Hitung Pembagian Kelas IV SDN Tengki 01 Kabupaten Brebes. Wawasan Pendidikan, 2(1), 61–70. https://doi.org/0.26877/wp.v2i1.9618

Purwanti, N. D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesulitan belajar aljabar ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Analisa, 6(2), 122–131. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.8396

Rihana, R., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Pecahan Ditinjau Dari Gaya Belajar. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 24–32. https://doi.org/10.26618/sigma.v14i1.7023

Rosyadi, W. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian pada Siswa Kelas IV SDN di Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 9(1), 56.

Sari, F., Nurfiana, N., Fadiyah, F., Nurjannah, N., & Heriyanti, A. (2023). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa p ada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMPN 7 Sinjai. Prosiding Sentikjar, 2(1), 23–31. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.183 8

Sidebang, R., Napitupulu, R., & Simaremare, H. (2021). Analisis Kesulitan Dosen dalam Penerapan Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Pendidikan Pembelajaran Tematik Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar T.A 2020/2021. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 36–42. https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/3

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

Urbayatun, S. (2019). Kesulitan Belajar dan Gangguan Psikologis Ringan pada Anak (Implementasi pada Anak Usia Skolah Dasar). K-Media.

Yuliana, E., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2020). Analisis Kesulitan Belajar pada Materi Operasi Hitung Pembagian di SD. Jurnal Basicedu, 3(2), 67–74. https://doi.org/10.33061/js.v3i1.3807




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v15i2.11892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nuraziza Rahmah, Nurjannah Nurjannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.