ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS VII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengkaji atau menampilkan hasil jawaban siswa pada materi pecahan terkait dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan di lingkungan rumah dengan pemilihan sampel secara acak yaitu 4 siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan instrumen pertanyaan yang terdiri dari 5 pertanyaan tentang uraian materi pecahan kemudian dilakukan wawancara. Analisis dilakukan terhadap jawaban siswa sesuai indikator pertanyaan instrumen. Kemudian hasil jawaban siswa tersebut dikategorikan menjadi kategori tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemmapuan berpikir kritis tinggi memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis. Sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang mampu memenuhi indikator awal, dan cukup pada indikator interprestasi, analisis, dan evaluasi. Sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir rendah hanya mampu memenuhi indikator interprestasi, analisis dan evaluasi, namun belum mampu memenuhi indikator infrance dalam proses menarik kesimpulan tentang suatu masalah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyono, B. (2017). Analisis ketrampilan berfikir kritis dalam memecahkan masalah ditinjau perbedaan gender. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 50-64.
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(3), 283-287.
Gazali, M. (2017). Pengaruh Efikasi Diri dan Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Penilaian Pendidikan, 2(2), 274-289.
Hasan, A. M. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial Menggunakan Proses Penyelesaian DAPIC. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya.
Meidayanti, R., Sunyono, S., & Tania, L. (2015). Pembelajaran SIMAYANG Tipe II Untuk Meningkatkan Self Efficacy Dan Keterampilan Berfikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(3), 856-867
Octavia, N. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Konteks" Online Shop" (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Pramuditya, L. C., Supandi, S., & Nugroho, A. A. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa smp kelas viii dalam menyelesaikan soal matematika pada materi aljabar. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 279-286.
Sirait, E. D. (2019). Pengaruh Gaya dan Kebiasaan Belajar terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susiyati. (2014). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dalam Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi, 27 November 2014. Bandung.
Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan motivasi belajar matematis siswa smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 325-332.
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.11428
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.