ANALISIS MANAJEMEN KREDIT UNTUK MEMINIMALISASI TERJADINYA KREDIT BERMASALAH PADA PT. BANK SULSELBAR DI KOTA MAKASSAR

Moh Aris Pasigai, Rahmat A, Rahmat A

Abstract


Dibimbing oleh Sultan Sarda,selaku pembimbing I dan Abd Salam selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kredit untuk meminimalisasi terjadinya kreditbetr masalah pada PT. Bank Sulselbar di kota Makassar selama lima tahun terakhir (2011-2015). Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2017.Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis deskriptif kualitatif dan Analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kredit yang baik adalah kredit yang diberikan sesuai dengan kebutuhan riil debitur, sehingga dapat memperbaiki/meningkatkan kinerja usaha debitur dan kredit dapat dikembalikan kepada bank dengan tepat waktu dan memberikan  keuntungkan kepada bank.


Full Text:

PDF

References


Arni Oktoviani Amran. 2013. Analisis Kelayakan Kredit Terhadap Peningkatan Kualitas Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Pada PT.Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Cabang Makassar. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Makassar: Perpustakaan UNM.

Azizatul Islamiyah. 2010. Analisis Manajemen Kredit Untuk Menurunkan Terjadinya Kredit Bermasalah (Studi pada PT.BPR Gunung Ringgit Malang. Jurusan manajemen fakultas ekonomi universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang. http://Lib.uin-malang.ac.id/appendix/06610116[1]-rina-rakhmawati.pdf

Agung Gunawan. 2014. Analisis Peranan BANK SULSELBAR Cabang Utama Makassar Terhadap Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil di Kota Makassar. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Makassar: Perpustakaan UNM.

Arikunto Suharsimi. 2010. PROSEDUR PENELITIAN Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: jakarta.

Firdaus, Rahmat dan Maya, Ariyanti. 2004. Manajemen perkreditan bank umum : Teori, masalah, kebijakan dan aplikasinya lengkap dengan Analisis Kredit. Bandung: Alfabeta.

Hasibuan, Malayu. 2008. Dasar-Dasar Perbankan. Penerbit Bumi Aksara : Jakarta.

Ismail. 2010. Manajemen Perbankan : dari teori menuju aplikasi. Edisi pertama, cetakan ke-2. Jakarta : Kencana Perdana Group.

Kasmir. 2012. Manajemen Perbankan. Rajawali Pers: Jakarta. 2011. Manajemen Perbankan. Rajawali pers: Jakarta.

Nasratul Jannah. 2015. Pengaruh Penerapan Manajemen Resiko Kredit Terhadap Kredit Yang Bermasalah pada PT. Pegadaian (persero) Kantor Cabang Pabaeng-baeng Kota Makassar. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Makassar: Perpustakaan UNM.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALVABETA, Bandung.

Siswanto. 2005. Pengantar Manajemen. PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Http://emisiregar58.blogspot.com

www.banksulselbar.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.