KEPEMIMPINAN INOVATIF WALIKOTA PAYAKUMBUH DALAM MEMBANGUN CITY BRANDING "PAYAKUMBUH, THE CITY OF RANDANG"

Desfitawarni Desfitawarni, Syamsurizaldi Syamsurizaldi, Fatia Fatimah

Abstract


Abstract

In 2019, the Mayor of Payakumbuh began to build a city branding titled "Payakumbuh, The City of Randang". The Mayor of Payakumbuh emphasized to the world community that Payakumbuh City is a Rendang City with the advantage that it has a Rendang Village and a modern and standardized center for rendang processing. Furthermore, this study will explain how the innovative leadership of the Mayor of Payakumbuh in building the city branding "Payakumbuh, The City of Randang". This research method uses descriptive qualitative. The research data was obtained from primary data through the main resource persons, namely the Mayor of Payakumbuh and other fairly representative informants. Secondary data by citing books, journals, documents and online media. The data analysis technique in this research is through data reduction, data display and drawing conclusions. The results of the study reveal that the development of the city branding "Payakumbuh, The City of Randang" is driven by the innovative leadership of the Mayor of Payakumbuh who is visionary, collaborative, risk-taking and change-oriented. Although the collaborative dimension is not yet optimal, the Mayor of Payakumbuh has succeeded in developing all the potential of existing resources towards improving the quality of processes and products that are more effective, efficient and relevant.


Abstrak

Pada tahun 2019, Walikota Payakumbuh mulai membangun city branding bertajuk “Payakumbuh, The City of Randang”. Walikota Payakumbuh menegaskan kepada masyarakat dunia bahwa Kota Payakumbuh adalah Kota Rendang dengan keunggulannya yaitu memiliki Kampung Rendang dan pusat pengolahan rendang secara modern dan terstandarisasi. Lebih lanjut, penelitian ini akan menjelaskan bagaimana kepemimpinan inovatif Walikota Payakumbuh dalam membangun city branding “Payakumbuh, The City of Randang“. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Data penelitian didapatkan dari data primer melalui narasumber utama yaitu Walikota Payakumbuh dan informan lainnya yang cukup representatif. Data skunder dengan mengutip buku, jurnal, dokumen dan media online. Teknik analisa data dalam penelitian ini melalui reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pembangunan city branding “Payakumbuh, The City of Randang” didorong oleh kepemimpinan inovatif Walikota Payakumbuh yang visoner, kolaboratif, berani mengambil resiko dan berorientasi perubahan. Meskipun pada dimensi kolaboratif belum begitu optimal, namun Walikota Payakumbuh berhasil mengembangkan segenap potensi sumber daya yang ada menuju pada peningkatan mutu proses dan produk yang lebih efektif, efisien dan relevan.


Keywords


city branding; innovative leadership

Full Text:

PDF

References


Buku

Chalim, A. S. (2012). Urgensi Kepemimpinan Inovatif (Menyiapkan Sekolah Bernuansa Islam Tetap Eksis di Era Globalisasi). Surabaya: Ponpes Jagad Alimussirry

Dasep S, A. (2020). T. SPEAK to LEAD: 28 Strategi Komunikasi Pemimpin untuk Mencapai Tujuan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Enceng, Aslichati, L., Wulandari, F. R., Purwanto, A. J. (2014). Kepemimpinan. Tangerang Selatan: Penerbitan Universitas Terbuka.

Jurnal

Ambarwati, A., & Raharjo, S. T. (2018). Prinsip Kepemimpinan Character of A Leader pada Era Generasi Milenial. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 2(2), 114. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v2i2.1151

Anas, A., & Abdullah, M. T. (2021). Kepemimpinan inovatif dalam pelaksanaan program swasembada pangan nasional di Kabupaten Bone. Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(2), 90–99. https://doi.org/10.26905/pjiap.v6i2.6091

Chalim, A. S., Hartono, D., & Munawaroh. (2012). Urgensi Kepemimpinan Inovatif Menyiapkan Sekolah Bernuansa Islam Tetap Eksis di era globalisasi. 1–96.

Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking, A. (2020). Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar Era New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441–1453. https://doi.org/ 10.31004/obsesi.v5i2.901

Henriyani, E. (2013). Pemimpin dan budaya organisasi di era perubahan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hidayat, N. (2014). City Branding Kabupaten Banyuwangi. Repository Universitas Jember, 3(1), 420–429. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71857

Juliani, R. D. (2016). Peran Pemimpin dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Kemampuan Memotivasi, Membangun Hubungan yang Efektif, Merencanakan dan Menerapkan Perubahan Dalam Organisasi. Majalah Ilmiah Inspiratif, 01(01), 1–19.

Karim, M. Y., Pontoh, N. K., Putra, B. D., Agung, M., Cipta, S., Air, T., & Sunyaragi, G. (2008). Potensi Kota Cirebon Yang Mendukung Pembentukan City Branding. 1, 154–162.

Kasmawati, Y. (2021). Kepemimpinan Kolaboratif : Sebuah Bentuk Kepemimpinan Untuk Sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(2), 197–207. https://doi.org/ 10.26618/equilibrium.v9i2.5120

Kusuma, H. B. (2017). Kepemimpinan Inovatif Dalam Mewujudkan Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Transformasi Administrasi, September, 1274–1292. http://jta.lan.go.id/index.php/jta/article/view/46

Nasution, F. A., & Kushandajani, K. (2019). Partisipasi Politik Masyarakat Kecamatan Medan Maimun Pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018. JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 7(2), 227. https://doi.org/10.31289/jppuma.v7i2.3015

Setiadi, F., & Tampubolon, L. H. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Terhadap Kepemimpinan Yang Efektif (Studi Kasus Pada Divisi Accounting & Management Information System Di Bank Swasta International, Tbk). Jurnal Transaksi, 12(1), 1–16.

Somsueb, A., Sutheejariyawatana, P., & Suwannoi, P. (2019). Indicators of Innovative Leadership for Secondary School Principals: Developing and Testing the Structural Relationship Model. International Education Studies, 12(2), 11.https://doi.org/ 10.5539/ies.v12n2p11

Sulastri, A., & Rifa’i, M. (2019). Strategi Pemimpin Dalam Pengelolaan Perubahan Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 19–38.

Thamrin, M. H., Nasution, M. A., & Nasution, F. A. (2020). Problematik Data Pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018 Di Kota Medan. Jurnal Sosial Politik, 6(2), 157–167. https://doi.org/10.22219/sospol.v6i2.11367

Tirtayasa, A. dan. (2019). The Influence of Leadership, Organizational Culture, and Motivation on Employee Performance. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 45–54.

Wargadinata, E. (2016). Kepemimpinan Kolaboratif. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah, 8(1), 1–12.

Media Online

https://www.jernihnews.com/berita/2169/tak-ada-rumah-makan-spesifik-randang-di-payakumbuh-bagaimana-city-of-randang.html)




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v8i2.7751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

______________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats
 
Flag Counter