RESPONSIVITAS PELAYANAN PERCERAIAN KANTOR PENGADILAN AGAMA SENGKANG KABUPATEN WAJO

Rismawati Rismawati, Muhlis Madani, Samsir Rahim

Abstract


The objective of the research is to know how the service responsiveness divorce and the obstacle factors of divorce service in religious court at Sengkang, Wajo Regency. The type of the research is descriptive and qualitative which has eight informants. The data collecting techniques used observation and interview. The data was analyzed using descriptive technique. The research result show that the responsiveness of the divorce service have not appropriated yet for the need of society, because of the strong of kinship system or injustice, long time service. Furthermore, there is another factor that became the obstacles of this service such as being arbitrary and indiciplinary.

 

Keywords: responsiveness, service, public, divorce

 

 Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana responsivitas pelayanan perceraian  dan faktor penghambat dalam pelayanan  perceraian Kantor Pengadilan Agama Sengkang Kabupaten Wajo. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan informan delapan orang. Tekhnik pengumpulan data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen  berupa observasi, wawancara terhadap informan. Data tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responsivitas dalam pelayanan perceraian belum sesuai dengan kebutuhan masyarkat karena masih kentalnya sistem kekeluargaan atau pilih kasih, pelayanan yang terlalu lama, yang ada dikantor Pengadilan Agama Sengkang Kabupaten Wajo, kemudian faktor penghambat dalam pelayanan ialah bertindak sewenang-wenang dan rendahnya kedisiplinan.

 

Kata Kunci: responsivitas, pelayanan, publik, perceraian


Full Text:

PDF

References


Dwiyanto, Agus, 2008. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yokyakarta: Gadja Madah University Press.

Dwiyanto, Agus, dkk 2002. Reformasi Birokrasi Publik Di Indonesia. Yokyakarta: PSSK-UGM.

Hardiansya. 2011. Kualitas Pelayanan Publik, Konsep, Dimensi, Indikator Dan Implementasinya. Yokyakarta: Gava Media.

Moenir, H.A.S. 1995. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustafa Delly, 2003. Birokrasi Pemerintahan. Bandung: Alfabeta.

Lembaga Administrasi Negara. 2003. Penyusunan Standar Pelayanan Publik. LAN: Jakarta.

Siagian, Sondang P. 1994. Patologi Birokrasi Analisis, Identifikasi dan Terapinya. Ghalia Indonesia Jakarta.

Tangkilisan, Hesel Nogi S.2005. Manejemen Publik. Yokyakarta: Penerbit Andy Offset.

Keputusan MENPAN Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggara Pelayanan Publik.




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v1i3.706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 KOLABORASI : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK



View Visitors

 

Indexing