Strategi Pelayanan Administrasi Di Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Takalar

Dian Nur Hidayanty, Samsir Rahim, Syukri Syukri

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini  bertujuan guna mengetahui bagaimana  staretegi pelayanan di badan kesatuan bangsa dan politik   kabupaten takalar agar terwujudnya pelayanan administrasi yang  efektif. Adapun jumlah informan pada penelitian ini   adalah 8 (delapan) orang. Dengan menggunakan Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, dokumen perusahaan, dan studi Pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pelayanan administrasi di badan kesatuan bangsa dan politik kabupaten takalar dapat dilihat dari aspek 1) atribut layanan masyarakat sudah dikatakan efektif, hal ini bisa dilihat dari sarana dan prasarana yang sudah cukup memadai, 2) aspek pendekatan untuk penyempurnaan layanan belum bisa dikatakan efektif, hal ini dikarenakan masih lambatnya pegawai dalam menyelesaikan surat menyurat yang dipengaruhi oleh kurangnya SDM, 3) aspek implementasi manajemen juga belum bisa dikatakan efektif, hal ini dikarenakan pelatihan untuk para pegawai di badan KESBANGPOL kabupaten takalar kiranya masih kurang, dan aspek ke 4) system umpan balik sudah dikatakan efektif yakni dari kecakapan kepala badan kesatuan bangsa dan politik kabupaten takalar dalam memahami kendala yang dialami oleh masyarakat.

Keywords


Strategi , Pelayanan Administrasi

Full Text:

PDF PDF

References


Dedek Kurniawan Gulton. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Volume 3.

Denok Sunarsi. (2018). Pengaruh Rekrutmen, Seleksi Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Vol.6.

Fitri Rahmadana, M., Tentrem Mawati Nurhayati Siagian, A., Agustina Perangin-angin John Refelino, M., Yusuf Tojiri, M., Siagian Nur Arif Nugraha, V., Orba Manullang, S., Silalahi Devi Yendrianof, M., Puspita Sari, A., Nopen Supriadi Marlynda Happy Nurmalita Sari, M., & Bahri Penerbit Yayasan Kita Menulis, S. (2020). Pelayanan Publik.

Havianto, H. (2014). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. ISSN 2303.

Lailul Mursyidah, M. A., & Ilmi Usrotin Choiriyah, M. A. (2015). manajemen pelayanan publik.

Maulidiah, sri. (2014). pelayanan administrasi terpadu.

Mella Alkhori Datus Salam. (2022). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Kualitas Pelayanan Administrasi Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Terhadap Kepuasan Masyarakat. Volume IX.

Moenir. (2002). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta. Bumi Aksara.

Rafida Dewi Muslimah. (2014). Prosedur Pelayanan Administrasi Dalam Pembuatan Sertifikat Tanah Pada Badan Pertanahan Nasional Di Kota Samarinda. Volume 3.

Salusu. (2015). Strategi Pelayanan Administrasi

Tjiptono,i F.i (2000).i Manajemeni Jasa.i Andii Yogyakarta.

Wahyudi. (2019). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Volume 2.}


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

  Flag Counter

_____

Menara Iqra Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Makassar

Jalan Sultan Alauddin Nomor 259 

Kota Makassar - Sulawesi Selatan