PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KMP BALIBO DI PELABUHAN PAMATATA PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) CABANG SELAYAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengarahkan tanggapan responden terhadap kualitas pelayanan di KMP Balibo di pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan pengukuran instrumen penelitian yaitu skala Likerts. Data dikumpulkan dengan cara observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan software SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang KMP Balibo. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t yang menunjukkan variabel kualitas pelayanan yang diperoleh sig. 0,00. Nilai 0,00 <0,05 dan nilai t-hitung adalah 12,769 dan diketahui bahwa t-tabel adalah 1,993. tcount 12.769 > ttable 1.993 maka keputusannya adalah HO ditolak dan Ha diterima. Kemudian ditemukan juga bahwa pengaruh variabel mutu pelayanan terhadap variabel kepuasan penumpang sebesar 69,1% melalui uji koefisien determinasi.
Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan penumpang
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
_____
Menara Iqra Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Makassar
Jalan Sultan Alauddin Nomor 259
Kota Makassar - Sulawesi Selatan